Keefektifan Bermain Peran dan Keterampilan Bercerita untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfiyah, S., & Martani, W. (2016). Validasi Modul Bermain Peran “Aku Sayang Kawan” untuk Meningkatkan Pengetahuan Perilaku Prososial pada Anak Usia Dini. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 1(2), 120–137.
Amelia, R. (2015). Hubungan antara Metode Bercerita dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD Islam Mutiara Sunnah Gresik. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1).
Amin, M. & Sanan, J.S. (2013). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Referrensi (Gaung Persada Press Grup).
Annisa, N. (2018). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dengan Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 2 Bajeng Barat, Kab. Gowa. Disertasi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Aulina, C. (2015). Pengaruh Bermain Peran terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Journal Pedagogia, 4(1), 59-69.
Arsjad, M.G & Mukti U.S. (1993). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bachri, B.S. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik & Prosedurnya. Jakarta: Depdikbud.
Dit. PADU, Ditjen, PLS, Depdiknas, Sekolah Al Falah Jakarta Timur dan CCCRT (2004). Lebih Jauh tentang Sentra dan Saat Lingkaran. Jakarta: Depdiknas.
Fitri Ariyanti., Lita Edia., & Khamsa Noory (2007). Diary Perkembangan Usia 0-6 Tahun. Bandung.
Hamruni (2012). Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Investidaya.
Hartono (2016). SPSS 16.0 Analisis Data Statistika Dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayat, D. (2008). Ta’lim Al-Lughah Al-arabiyyah. Semarang: Toha Putra.
https://www.naeyc.org/resources/pubs/yc/mar2017/teaching-emotional-intelligence
Gunawan, I. (2015). Metode penelitian kualitatif teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Kardoyo & Wahyuningtyas, E.M. (2009). Model Pembelajaran Role Playing Pada Pembelajaran PS-Ekonomi Materi Pokok Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi. Dinamika Pendidikan, 4(2).
Lilis, M (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.
Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembanganya. Jakarta: Kencana.
Muslichatoen, R. (2014). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Mustakim, M.N. (2005). Peranan Cerita Dalam Pembentukan Perkembangan Anak TK. Jakarta: Depdiknas
Prayitno, D. (2013). Analisis Korelasi, Regresi, Dan Multivariate Dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Priyanti, I & Setyowati, N. (2015). Optimalisasi Kecerdasan Emosi Melalui Musik Feeling Band pada Anak Usia Dini. Care, 3(1), 20-33
Reso, M.F., Haryono, S.E., & Muntomimah, S. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B pada RA Mutiara Iman Pakisaji Kab. Malang Tahun Pelajaran 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen, 3.
Sari, A. & Sagala, A.C.D. (2017). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak Melalui Bermain Peran Pada Kelompok B Tk Dharma Wanita Tampingan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014. Paudia, 2(2).
Singh, S., & Koradia, K. (2017). Measuring Emotional Intelligence of Early Childhood Care Workers. IOSR Journal of Humanities and Social Science (IOSR-JHSS), 22(8), 22–26.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2019a) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2nd ed. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. (2010), Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Insan Madani.
Tominey, S. L., O’Bryon, E. C., Rivers, S. E., & Shapses, S. (2017). Teaching Emotional Intelligence in Early Childhood. Young Children, 72(1).
Winarsunu, T. (2006). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: Penerbitan Unversitas Muhammadiyah Malang.
DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v16i2.13194
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.