Keefektifan Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing Berbantuan Video Animasi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arlianovita, D., Setiawan, B., & Sudibyo, E. (2015). Pendekatan etnosains dalam proses pembuatan tempe terhadap kemampuan literasi sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya 2015, 101-107. Surabaya: FMIPA Universitas Negeri Surabaya.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Awang, I. S. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 108-122.
Budiasa, P., & Gading, I. K. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Gambar terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 253-263.
Bangun, G. J. F. Y., Wati, M., & Miriam, S. (2019). Pengembangan Modul Fisika Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Sosial Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 77-88.
Dewi, T. A. K., & Wahab, R. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Berpretasi Tinggi Kelas IV Pada Tema 8 Di SD 1 Trirenggo. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1), 45-57.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33-48.
Furoidah, M. F. (2010). Pengaruh penggunaan media animasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas VII MTS Sutya Buana Malang. Doctoral Dissertation. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kemendikbud. (2016). Seminar Hasil TIMSS 2015 oleh Rahmawati. Jakarta: Puspendik Kemdikbud.
Kemdikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Pusat Data dan Teknologi Informasi.
Kurniawati, S. (2014). Penerapan Model Dual–Coding Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 3 Mande Kabupaten Cianjur). Doctoral Dissertation. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 18(1), 51-57.
Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107-114.
Nahak, R. L., & Bulu, V. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 230-237.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 tahun 2014 tentang Pedoman Pembelajaran Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Kurikulum 2013.
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari, R. T., Angreni, S., & Fortuna, R. A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas V Sd. Bio-Pedagogi, 8(2), 89-93.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wahyuni, P. (2014). Analisis Pemrosesan Informasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Persekutuan Lingkaran. Doctoral dissertation. Surabaya: Uin Sunan Ampel Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v17i1.14050
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.