Analisis Kesiapan Guru dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (Studi Kasus di SD Negeri Gemah Satuan Pendidikan Kecamatan Pedurungan Kota Semarang)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abduh, M. (2020). Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Melalui AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Disampaikan dalam acara webinar Lembaga Komite Sekolah Nasional (LKSN) Kemdikbud pada 18 Agustus 2020.
Abdullah, S. R. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Amalina, S. N. (2019). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Sejarah Lokal Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Madiun. JPIPS : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(1).
Anwar C. (2005). Penerapan Penilaian Kinerja (Performance Assesment dalam membentuk habits of Mind Siswa pada Konsep lingkungan. Tesis. Sekolah Pascasarjana Pendidikan IPA UPI Bandung.
Anwar, K. & Harmi, H. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP. Bandung: Alfabeta.
Hanafi, H., Adu, L., & Zainuddin. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Sleman: Depublish.
Haryati, A. & Chusminan, S. M. (2019). Analisis Penilaian Kinerja Pegawai pada Bagian Kepegawaian dan Umum Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan. Widya Cipta. Jurnal Sekretari dan Manajemen, 3 (1).
Haryati, M. (2019). Model & Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.
Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Kusaeri & Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Manguni, D. W. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana Prasarana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 di SD Negeri Sukomulyo Sleman. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22 (1).
Milles & Huberman. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong, L. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muta’ali, J. A. (2020). Opini Masyarakat tentang Asesmen Nasional sebagai Penganti Ujian Nasional. Universitas Pendidikan Indonesia.
Ningsih, A. W., Shara, A. M., Andriani, D., & Kisno, K. (2021). Reading duration and financial literacy in Vocational High School Pematangsiantar. Jurnal Education and Development, 9(1), 577-583. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2288
Nurjanah, E. (2021). Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3 (2).
Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor: 030/H/PG.00/2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2021.
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, A. J. (2021). Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pujer Dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi, Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2).
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Riyanto, Y. (2019). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rizki, U. Y. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar dengan Optimisme Mengerjakan Ujian. Educational Psychology Journal, 2(1).
Rokhim, D. A. (2018) Analisis Kesiapan Peserta Didik dan Guru pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1).
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1).
Sairi, A., & Safriza, M. (2018). Pengaruh Mutu Layanan Sarana Dan Prasarana Terhadap Kepuasan Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(1).
Sudaryono. (2015). Asesmen dalam Dunia Manajemen Kerja. Yogyakarta: ANDI Offset.
Sudianto. (2021). Potret Kesiapan Guru Sekolah Dasar dan Manajemen Sekolah dalam Menghadapi Asesmen Nasional. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1).
Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumantri. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10 (1), 22-33.
Trianto. (2016). Mendesain Model Pembelajaran Inovaif-Progresif. Jakarta: Rineka Cipta.
Yuliawan. (2017). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Inklusi di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi DIY. Pascasarjana. Universitas Negeri Yogyakarta.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v17i1.14139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.