Pengembangan Mathematics Olympiad Digital Book (MODiB) Berdasarkan Strategi Pemecahan Masalah Polya untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608–617.
Amalia, A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa Smp Ypwks Cilegon Dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 247. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4370
Azizah, N. (2021). Analisis Pemahaman Konsep dan Implementasi Matematika Pada Pembelajaran Daring di SD Negeri Lolong. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(3), 237–242. http://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/151
Campbell, J., Cho, S., & Tirri, K. (2017). Mathematics and Science Olympiad Studies: The Outcomes of Olympiads and Contributing Factors to Talent Development of Olympians. International Journal for Talent Development and Creativity, 5(1), 49–60.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change / Gain Score. Dept. of Physics Indiana University.
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766
Jannah. (2020). Partisipasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar Anak. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar (PGSD) Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.
Jasmaini. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pengembangan Modul IPA Berbasis PBL. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(3), 58–65.
Khamid, L. (2017). Pemahaman Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas VIII dalam Penyelesaian Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMPN 7 Kediri. Simki-Techsain, 01(08), 1–10. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/a98d19528687d98d2accd552ba7abbf9.pdf
Krisetiawan, Dwijayanti, I., & Sumarmo. (2021). Analisis Persepsi Awal Guru Sekolah Dasar Terhadap Materi Olimpiade Matematika. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Kependidikan, 5(6), 9–16. https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2021/08/2.-Krisetiawan-Analisis-Persepsi-Awal-Guru-Sekolah-Dasar-Terhadap-Materi-Olimpiade-Matematika.pdf
Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendiana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Di Tinjau Dari Resiliensi Matematik. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 933–940. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1597/288
Mulyatiningsih, E. (2012). Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta: Alfabeta.
Pranata, O. D. (2021). Pelatihan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Cabang Matematika Tingkat SMP/MTs melalui Pembelajaran Berbasis Puzzle. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA (JPMMP), 5(2), 118–124. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp/article/view/42276/pdf
Prawiradilaga, D.S. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rahman, L., Rilianti, A. P., & Najwa, W. A. (2022). Studi Deskriptif Model Pembinaan Olimpiade Di Mi Muslimat Nu Sidoarjo. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(1), 67–82.
Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 1193–1202.
Reys. (2012). Helping Children Learn Mathematics. Buston: John & Wiley Co.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit. Alfabeta,Bandung
Suhendar, U., Ekayanti, A., & Merona, S. P. (2020). Pola Pembinaan Olimpiade Sains Nasional Matematika SMP di Kabupaten Ponorogo. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 179–190. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.638
Suryawan, I. P., Gita, I. N., & Hartawan, I. Y. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Berbakat dalam Bidang Olimpiade Matematika Tingkat SD. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 100–112.
Tohir, M. (2019). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika Berdasarkan Level Metakognisi. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.1-14
Yohanes, R S. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Tim Olimpiade Matematika SMP Negeri 01 Madiun dengan Menggunakan Model Pemecahan Masalah Polya. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan …, 143–150.
Yohanes, Rudi Santoso. (2016). SOAL GEOMETRI TIDAK RUTIN DENGAN MENGGUNAKAN. 171–180.
Zalukhu, A., Berkat, D., Hulu, T., Surya, N., Zebua, A., & Naibaho, T. (2023). Kedudukan dan Peran Filsafat dalam Pembelajaran Matematika. 05(03), 6054–6062.
DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v17i2.15180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.