Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Permainan Engklek untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amirul Fatkhan H (2017). “ Pengertian Minat Belajar”. Blog Pendidikan.
Annur, M, N, sumarwiyah, dan Purbasari I.(2020). Media Engklek Gunung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Payaman. jurnal pendidikan Dasar. 1(2) :30 – 40.
Http://journl.bungabangsacirebon.ac.id./index.php/edubase/article/view/134. Di akses pada 2 juni 2021.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitan: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Puji, Siwi. 2015. “Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika”. Jurna Formatif. 5 (1). 71.
Ella, Agustina. 2020. Alat Peraga Engklek Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Menggali Pengetahuan Baru Siswa. Jurnal ilmiah Pendidikan. 1 (2).
http://Jurnal.umk.ac.id/index.php/wasis/search/authors/view?firstName=Ella&middleName=&lastName=agustina&affiliation=&country=ID. Diakses pada tanggal 12 Februari 2023.
Fajriah, N. 2017. “Pengaruh Penggunaan Permainan Tradisional Gundu Terhadap Pemahaman Konsep Pengukuran Panjang”. Jurnal Edumath. 3(1): 41-48
http:/ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/download/282/172. Diakses pada tanggal 12 februari 2023.
Fahrudin A G, Zuliana E, dan Henri S B (2018). “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(1). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya. diakses pada tanggal 20 september 2021.
Fatonah. S dan Naemah. Z (2022). “Analisis Pengaruh Games Education (Permainan Engklek) Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasa Keliling Bangun Datar”. BASICEDU. 6 (4). http://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3455. Di akses pada tanggal 16 Februari 2023.
Hasanah, N. I. dan Pratiwi, H. (2017). “Pengembangan Anak Melalui Permainan Tradisional”. Aswaja Pressindo. Diakses pada tanggal 26 Desember 2021.
Hendawati Y dan Cici K (2017). “Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya dan Pemanfaatannya”. Jurnal Pendidikan ke-SD-an. 13(1).
Hidayah, Marfuqotul. 2015.”Penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran Matematika Untuk peningkatan kemampuan Pemecahan masalah Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 1 Teras Tahun 2014/2015. Surakarta. INSTITUTIONAL REPOSITORY.
Jihad, asep., Abdul, Haris. 2013. “Evaluasi Pembelajaran”. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Khoerunisa, T. (2020). “Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon”. EduBase, 1(1), 84–92..1(1) (2020). http://journl.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/rticle/view/47.
Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Lestari, S. & Suryani, E. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis SETS Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran”. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(1) : 40-45.
Mariya (2019). “Keefektifan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. PAJAR. 3 (6). Diakses pada tanggal 16 Februari 2023.
Mulyasari Dini Wahyu dkk. 2021. ” Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika Permainan Engklek terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar”. JURNAL TADRIS MATEMATIKA 4 (1). http://ejournal .iain
-tulungagung.ac.id/index.php/jtm di akses pada tanggal 16 Juni 2023.
Purwanti, K. Y. & Zulmi R. R. 2022. “Keefektifan PBL Berbasis Games Berbantuan Brain Math Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD.” Elementary School Journal 12(4). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/39844.
Putra, L. V., Ela S., Ontya S. K., Wahyu T. U. (2021). “ Improving Students Mathematical Problem Solving Abilities by Using Problem Based Learning Approach”. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 1 (10), 457-466.
Permana Aditya (2013). “Perancangan Multimedia Interaktif Permainan Tradisional” Tugas Akhir Semester II 2012-2013. https://123dok.com/document/ozlj9nly-perancangan-multimedia-interaktif-permainan-tradisional-sondah-engklek.html. Diakses pada tanggal 26 Desember 2021.
Putra, Lisa, Virdinarti. Sri, Mujiono. Ela, Suryani. (2021). “Pelatihan Ultanum Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”. ABDIRA. 1(2). 89.
Putu N W dkk (2015). “Analisis pemahaman konsep dalam pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Banjar”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1).
https://ejornal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5847.
Rachmatullah, R. Ms, Z. & Sumantri .(2018). “Development Of Computer- Based Interactive Multimedia” : Study on elementry educatio. International Journal Of Engeneering Ang Tecnology (UAE), 7(4), 2035-2038.
Rahmadani (2019). “Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)”. Lantanida Journal, 7 (1).
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/4440.
Rahmat Ewo (2018). “Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Bandung.
Retno Laras W dkk (2020) “Efektivitas Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Hasil belajar Matematika” Jurnal Primatika. 9 (1). https://ejurnal.fkip.unmul.ca.id/index.php/primatika/article/view/247. Diakses pada 20 September 2021.
Rubianti Tati, Tati P dan Nelis S (2019). “Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Di Kelas V”. Jurnal Of Elementary Education 2 (2). http://journal.ikipsiliwangi.ac.id//index.php/collase/article/download/3143/812. Diakses pada 22 Juni 2023.
Sahrudin, A, dan Trisnawati (2018). “Pengembangan Metode Problem Based Learning Melalui Permainan Engklek untuk Meningkatkan Thinkinh Math Peserta Didik MA Global School”. Jurnal SJME (SupremumJournal of Mathematics Education), 2(1):32-43.
Saputro, Eko, Styo. (2021).”Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL)”. Journal Of Teacher Professional. http://ojs.unm.ac.id/TPJ/article/view/26763. Diakses pada tanggal 22 Juni 2023.
Shoiman, Aris. (2014:680) “Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013”. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. https://www.silabus.web.id/problem-based-learning/
Siregar, N, dan Lestari, W. (2018). “Peranan Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar”. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 2 (2:2).
Sosyawati Darliani. (2019). “Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Engklek di SD Negeri Sindang 1 Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang”. Jurnal Visipena. 10 (2).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukertiyarno. 2020. Olah Data Penelitian berbantuan SPSS. Semarang.
Sumarno. U (2014). “Asesmen soft Skill dan Hard Skill Matematik Siswa Dalam Kurikulum 2013”. Retrieved (1-30). https://anzdoc.com/asesmen-soft-skill-dan-hard-skill-matematik-siswa-dalam-kuri.html. Diakses pada tanggal 26 Desember 2021.
Suryani, Ela. 2022. “Permainan Monopoli IPA Untuk Meningkatkan Kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa SD”. Boyolali : Lakeisha
Suryani, E. Rusilowati, A., & Wardono (2016). “Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Two-Tier Test melalui Pembelajaran Konflik Kognitif”. Journal of Primary Education. 5(1):56-65.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/12893. Di akses pada tanggal 8 November 2021
Suryani, E. & Fauziah, S. 2019. “Keefektifan Dart Aksara dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SD”. Prosiding Sendika 2019. 1(1): 231-237. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/377. diakses pada 13 Desember 2021.
Violita Tika (2020). “Pengembangan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas V SD/MI”. Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri. http://repository.radenintan.ac.id/13424/. Di akses pada tanggal 7 Juni 2021.
Wijayanti, R. & Trisiana, A. 2018. “Pengaruh Permaian Engklek Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas III”. SINEKTIK. 1 (2).
DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v17i2.16293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.