Memahami dan Mengatasi Kecemasan dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adeniyi, C. O., Akanmu, M. A., & Adeniyi, E. O. (2021). Students’ Perception on the Causal Factors of Mathematics Anxiety Among Senior Secondary Schools Students in Lagos State. Attarbawiy Malaysian Online Journal of Education, 5(2), 36–46. https://doi.org/10.53840/attarbawiy.v5i2.13
Amali, B. A. (2020). Upaya Meminimalisasi Kecemasan Siswa Saat Berbicara Di Depan Umum Dengan Metode Expressive Writing Therapy. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(2), 109. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i2.12306
Andini, B. A., Khobibah, K., & Ruspita, M. (2020). Peran Gender Dalam Hubungan Seks Pada Wanita Hamil. Jurnal Kebidanan Dan Kesehatan Tradisional, 5(2), 144–149. https://doi.org/10.37341/jkkt.v5i2.158
Apriyani, F., & Imami, A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMK Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(1), 236–246. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1973
Argaswari, D. P. A. D. (2018). Integrasi Sejarah Matematika Untuk Meningkatkan Atensi Siswa. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 59. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.950
Ashcraft, M. H., & Moore, A. M. (2009). Mathematics Anxiety and the Affective Drop in Performance. Journal of Psychoeducational Assessment, 27(3), 197–205. https://doi.org/10.1177/0734282908330580
ATOYEBI, O. M., & ATOYEBI, S. B. (2022). Do Technology-Based Approaches Reduce Mathematics Anxiety? A Systematic Literature Review. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 06(10), 502–509. https://doi.org/10.47772/ijriss.2022.61027
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika Dan Pemahaman Matematis. Formatif Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748
Azizah, R., & Abadi, A. P. (2022). Kajian Pustaka: Resiliensi Dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2061
Deleg, A., Zanabazar, A., & Ravdan, M. (2022). Relationships Between Mathematics Anxiety, Mathematical Performance, and Teacher-Related Factors. 130–141. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-41-1_16
Fajriyati, R., Supandi, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Imajiner Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 56–66. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3882
Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Matematika. Transformasi Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 179–188. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.872
Fista, I. J., Putra, D. P., & Fitri, H. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII MTsN 4 Pasaman Barat. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 325. https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.8173
Fitriyah, A. L., Putri, A. F. S., Putra, M. I. S., Rofiki, I., & Abdullah, A. H. (2022). Pengaruh Peer Tutoring Pada Kecemasan Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 6(2), 125. https://doi.org/10.17977/um076v6i22022p125-134
Gunur, B., Dangus, Y. V., & Jelatu, S. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Reciprocal Teaching Dan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Mapan, 7(2), 229–248. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a5
Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630
Hartatik, S., & Rahayu, D. W. (2018). Inovasi Model Pembelajaran Melalui Permainan Tradisional “Lempar Karet” Untuk Mengajarkan Konsep Perkalian Bagi Siswa Sekolah Dasar. Education and Human Development Journal, 3(2). https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i2.55
Helen, H., Satiadarma, M. P., & Koesma, R. E. (2019). Penerapan Art Therapy Untuk Mengurangi Perilaku Avoidance Dalam Gad Pada Dewasa Awal Yang Bekerja. Jurnal Muara Ilmu Sosial Humaniora Dan Seni, 3(2), 520. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i2.3563.2019
Hembree, R. (1990). The Nature, Effects, and Relief of Mathematics Anxiety. Journal for Research in Mathematics Education, 21(1), 33. https://doi.org/10.2307/749455
Ismail, N., Aliyu, G., Osman, S., Ibrahim, N. H., & Bunyamin, M. A. H. (2022). Exploring Teacher Effects on Intensifying and Minimizing Mathematics Anxiety Among Students in Sokoto State, Nigeria. International Journal of Evaluation and Research in Education (Ijere), 11(1), 161. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.22189
Istikomah, E., Herlina, S., & Nurmaliza, N. (2022). IT - Based Mathematics Learning Module to Decrease Students’ Mathematical Anxiety. Mathline Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 156–166. https://doi.org/10.31943/mathline.v7i1.242
Iyamuremye, E., Ndayambaje, I., & Muwonge, C. M. (2022). Perceptions of Teaching Approach and Academic Performance Among Senior Two Students in Musanze: Mediating Role of Mathematics Anxiety and Career Aspiration. International Journal of Learning Teaching and Educational Research, 21(7), 107–126. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.7.6
Khoirunnisa, K., & Ulfah, S. (2021). Profil Kecemasan Matematika Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2238–2245. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.831
Lanani, K. (2020). Menurunkan Kecemasan Dan Prilaku Menolak Bantuan Pada Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Suatu Pendekatan Cooperatif Learning. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.23969/pjme.v2i2.2475
Luthfiyah, & Hadi, W. (2021). Kecemasan Siswa Terhadap Matematika Pada Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Tingkatan Sekolah Dan Gender. Transformasi Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 427–440. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1149
Luttenberger, S., Wimmer, S., & Paechter, M. (2018). Spotlight on Math Anxiety. Psychology Research and Behavior Management, 11, 311–322. https://doi.org/10.2147/prbm.s141421
Ma, X. (1999). A Meta-Analysis of the Relationship Between Anxiety Toward Mathematics and Achievement in Mathematics. Journal for Research in Mathematics Education, 30(5), 520. https://doi.org/10.2307/749772
Maserati, G. G., & Purba, H. P. (2021). Pengaruh Stres Kerja Dan Coronavirus Anxiety Terhadap Mental Well-Being Pada Generasi Milenial. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (Brpkm), 1(1), 183–195. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24785
Miryani, A. R., Muslim, A., & Pamujo, P. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Mukadimah Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 22–25. https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.1522
Mulyana, A., Senajaya, A. J., & Ismunandar, D. (2021). Indikator-Indikator Kecemasan Belajar Matematika Daring Di Era Pandemik Covid- 19 Menurut Perspektif Siswa Sma Kelas X. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 14–22. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.501
Nabilah, E., & Umam, K. (2021). Hubungan Kecemasan Matematika Dan Digital Storytelling Terhadap Math Literacy Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas Virtual. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2152–2163. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.769
Narendrati, N. (2017). Komparasi Pembelajaran Statistika Melalui Pendekatan CTL Dan Problem Posing Ditinjau Dari Prestasi Belajar Dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.12723
Ni’mah, J., Insani, U., & Supriatun, E. (2022). Peran Emotional Freedom Tehnique (Eft) Dalam Mengatasi Kecemasan Orang Tua Dalam Pembelajaran Berbasis Online. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Nadimas), 1(1), 63–72. https://doi.org/10.31884/nadimas.v1i1.8
Novera, E., Daharnis, D., Erita, Y., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349–6356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1723
Nurhidayah, N. (2021). Implementasi Gaya Belajar Vark Dengan Media Pembelajaran Berbasis Online Terhadap Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Journal Peqguruang Conference Series, 3(2), 484. https://doi.org/10.35329/jp.v3i2.2710
Oktapianti, R., & Triyanti, D. (2022). Penyuluhan Tentang Cara Mengatasi Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan. Jukeshum Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 33–38. https://doi.org/10.51771/jukeshum.v2i1.178
Ola-Oluwa, S. A. (2021). Applying Cognitive Therapy for Depression and Anxiety in Mathematics Education for Students’ Sustainable Performance. Creative Education, 12(06), 1407–1418. https://doi.org/10.4236/ce.2021.126107
Paechter, M., Macher, D., Martskvishvili, K., Wimmer, S., & Papousek, I. (2017). Mathematics Anxiety and Statistics Anxiety. Shared but Also Unshared Components and Antagonistic Contributions to Performance in Statistics. Frontiers in Psychology, 8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01196
Panggayudi, D. S., Suweleh, W., & Ihsan, P. (2017). Media Game Edukasi Berbasis Budaya Untuk Pembelajaran Pengenalan Bilangan Pada Anak Usia Dini. Must Journal of Mathematics Education Science and Technology, 2(2), 255. https://doi.org/10.30651/must.v2i2.883
Permata, C. A. M., & Kristanto, Y. D. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 279. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3877
Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). Keefektifan Strategi REACT Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis, Self-Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 262–272. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7345
Rayoan, F. M. (2020). Pengaruh Nilai Ujian Nasional Matematika Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif, Mathematics Anxiety Dan Self-Regulated Learning. Fraktal Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2755
Reni Nuraeni, N., & Munandar, D. R. (2023). Analisis Kecemasan Matematis Siswa SMP Terhadap Hasil Belajar Matematika. Didactical Mathematics, 5(2), 361–368. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5862
Ruswadi, I., Masliha, M., & Supriatun, E. (2022). Hubungan Efikasi Diri Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa D3 Keperawatan Menghadapi Ujian Akhir. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 1(2), 32–43. https://doi.org/10.55606/klinik.v1i2.543
Saputri, V., Juandi, D., Herlina, S., & Anwar, V. N. (2022). Self-Regulated Learning Dan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Secara Online: Systematic Literature Review. Anargya Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v5i1.7208
Sativa, Y. A., & Kusuma, A. B. (2021). Flipped Classroom Sebagai Pendekatan Pembelajaran Matematika Di Era Pandemi. Saintifik, 7(2). https://doi.org/10.31605/saintifik.v7i2.317
Sepadi, M. (2023). Understanding Anxiety Disorder. 298–312. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-5800-6.ch021
Setiana, D. S., Ayuningtyas, A. D., Wijayanto, Z., & Kusumaningrum, B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Museum Kereta Kraton Yogyakarta Dan Pengintegrasiannya Ke Dalam Pembelajaran Matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36210
Setyawan, A., & Oktavianto, E. (2020). Efektifitas Aromaterapi Lavender Terhadap Tingkat Kecemasan Menghadapi Osce Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Berkala Kesehatan, 6(1), 9. https://doi.org/10.20527/jbk.v6i1.8356
Shalahuddin, I., Eriyani, T., Sari, L. P., Yulianti, M., Fatimah, S., Safitrie, M., Agustina, D. S., & Monika, N. Della. (2022). Terapi Pengelolaan Kecemasan Dalam Menurunkan Stres Pada Korban Pasca Bencana Gempa Bumi. Jurnal Keperawatan Jiwa, 10(2), 229. https://doi.org/10.26714/jkj.10.2.2022.229-244
Shanti, W. N., & Abadi, A. M. (2015). Keefektifan Pendekatan Problem Solving Dan Problem Posing Dengan Setting Kooperatif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 121. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7155
Sirate, F. S. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 41–54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4
Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Etnomatematika Untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Mercumatika Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.295
Umar, U., Widodo, A., Maulyda, M. A., Anar, A. P., & Sutisna, D. (2020). Efektivitas Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Didika Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2705
Wahyuningsih, D. (2023). Analisis Pemanfaatan Teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Terhadap Kecemasan Matematis Siswa. 3(2), 1–12. https://doi.org/10.59098/mega.v3i2.678
Wati, I., Nurcahyono, N. A., & Agustiani, N. (2022). Eksperimentasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3342–3357. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1767
Widyastuti, W. (2020). Self Compassion, Stress Akademik Dan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru. Jurnal Psikologi Talenta, 3(1), 6. https://doi.org/10.26858/talenta.v1i2.13031
Yuliana, A. T., Jamilah, J., Astutik, C., & Fitriyah, H. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Problem Solving Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Di SMPN 1 Pakong Pamekasan. Shine Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 77–91. https://doi.org/10.36379/shine.v1i2.156
Zahwa, N., Hilda, N. R., Astuti, T. K., Weryani, W., Prasetyawati, Y., Zulkardi, Z., Nuraeni, Z., & Sukmaningthias, N. (2022). Studi Literatur: Implementasi Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika Selama Pandemi. Biormatika Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 110–119. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1186
Zhang, K. (2023). Intergenerational Transmission of Math Anxiety: Discussion About Research of Parents’ and Children’s Math Anxiety. Journal of Education Humanities and Social Sciences, 8, 1776–1781. https://doi.org/10.54097/ehss.v8i.4582
DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v18i2.20685
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.