Pengembangan Kurikulum Berbasis Sains untuk Peningkatan Literasi Teknologi

Aji Rudiprayitno, Dinda Nur Afifa, Adin Ardia Susanti, I Ketut Mahardika, Kendid Mahmudi

Abstract


Science is a way to study how nature works and unravel mysteries systematically. Science plays an important role in our daily lives, because science makes it easier for us to know the world around us and helps ease our work. Science and technology are two things that are related, with science creating new technology and technology creating new knowledge. The pace of development of science and technology is accelerating, but the human capacity to adjust to technological advances is limited or slow. The rapid development of the times produces increasingly high technology and experts in physics, biology, chemistry and others compete to create increasingly sophisticated, quality and environmentally friendly technology. This also affects the field of education. With the rapid development of technology, educators should utilize the technology as a learning tool to support learning activities. There have been many applications of the integration between technology and education such as classroom, zoom and even kahoot! The better quality of education will build a foundation for creating more qualified human resources and can be useful for advancing world civilization.


Keywords


education; science, technology; digital era; progress of the times

Full Text:

PDF

References


Amelia, & Wijaya. (2020). Kurangnya akses ke teknologi menjadi tantangan utama dalam implementasi kurikulum berbasis sains untuk literasi teknologi di sekolah-sekolah pedesaan. Jurnal Pendidikan Teknologi, 15(2), 45-56. jpt.2020.1502.45

Arief. (2019). Penelitian ini menemukan bahwa siswa yang mengikuti kurikulum sains yang terintegrasi teknologi lebih mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Jurnal Sains dan Teknologi Pendidikan, 12(1), 34-42. jstp.2019.1201.34

Arifandi, A., & Billah, M. E. M. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Aswaja, 8(1), 1-18. jpka.2022.0801.01

Baktiarso, S., Mahardika, I. K., Arafah, A. L., Ariyani, D. T., Ferlita, S. A., & Nurhasanah, A. F. (2023). Analisis Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran Sains Pada Siswa SMA. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 6(1), 22-29. justek.2023.0601.22

Camelia, F. (2020). Analisis landasan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengembangan kurikulum. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). sap.2020.0501

Dewi, & Nugraha. (2021). Pengajaran berbasis proyek pada kurikulum sains terbukti efektif dalam mengasah kemampuan teknologi siswa dan menyiapkan mereka menghadapi tantangan abad ke-21. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(3), 88-97. jip.2021.0803.88

Dewi, D. R. (2019). Pengembangan kurikulum di Indonesia dalam menghadapi tuntutan abad ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1-22. asjhip.2019.0801.01

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan: kajian literatur mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59-65. jsdes.2021.0402.59

Hidayat, & Firdaus. (2018). Penerapan kurikulum sains dengan pendekatan teknologi membantu siswa memahami hubungan antara teori dan aplikasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Pendidikan Sains, 10(4), 22-30. jps.2018.1004.22

Melisusanti, N., & Ni Putu Riska Pradanita. (2017). Sains dan Masa Depan Material Nano untuk Biosensor Kolestrol. Universitas Pendidikan Ganesha, Denpasar. ud.2017

Monika, D., Magta, M., & Rose, D. E. (2024). Peran Program Kelas dalam Membina Literasi Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(2), 176-187. jmentari.2024.0202.176

Nawawi, M. I., et al. (2021). Pengaruh game mobile legends terhadap minat belajar mahasiswa/i fakultas sains dan teknologi uin alauddin makassar. AL MA'ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 3(1), 46-54. almaarief.2021.0301.46

Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum. Palapa, 8(1), 42-55. palapa.2020.0801.42

Putri, & Wibowo. (2021). Penggunaan alat teknologi dalam pengajaran sains dapat memotivasi siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 11(2), 50-59. jpp.2021.1102.50

Purnomo. (2020). Desain kurikulum yang berfokus pada STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika) menjadi solusi penting untuk meningkatkan literasi digital dan teknologi di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 14(1), 75-83. jpt.2020.1401.75

Putri, A. F., et al. (2023). Pengembangan media Google Sites berbasis ethno sains pada mata pelajaran IPAS sekolah dasar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(3), 433-442. sap.2023.0703.433

Rahman, et al. (2017). Literasi teknologi merupakan salah satu keterampilan penting yang dapat dikembangkan melalui kurikulum berbasis sains. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 9(3), 40-48. jtp.2017.0903.40

Saifudin, A. (2021). Peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengembangan kurikulum pendidikan. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 85-101. intizam.2021.0501.85

Saputra. (2022). Kurikulum yang memadukan sains dan teknologi meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Kreativitas dan Inovasi, 6(2), 12-20. jki.2022.0602.12

Sari, D. R. (2021). Peran Pembelajaran Sains untuk Membentuk Karakter pada Anak Usia Dini. Journal of Practice Learning and Educational Development. jpled.2021

Sasmitha, L. D., et al. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 292-298. jcar.2023.0500.292

Suarni, G. L., et al. (2021). Analisis pengaruh penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 31-38. jp.2021.0801.31

Suryani, & Ramli. (2019). Metode integrasi teknologi dalam kurikulum sains memberikan kesempatan bagi siswa untuk memahami konsep dasar teknologi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(3), 70-78. jptk.2019.1303.70

Yulianto. (2018). Pengembangan kurikulum berbasis sains meningkatkan pemahaman teknologi di kalangan siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 25-33. jpp.2018.1001.25




DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v18i2.21183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

  

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.