Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SD 1 Prambatan Kidul Kudus Tahun 2020)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., dan Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education, 1 (1), 38-49.
Ahsani, E. L. F. dan Ayuningsih. (2020). Pengaruh Pembelajaran Melalui Program TVRI Terhadap Aspek Psikomotorik Siswa SD di Masa Pandemi Covid-19. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (2), 145-154.
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7 (5), 395-402.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10 (3), 282-289.
Barnawi dan Arifin, M. (2014). Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Collins III, J. W. dan O'Brien, N. P. (2011). The Greenwood Dictionary of Education (2nd Edition). Westport: Greenwood Press.
Daryanto dan Rachmawati, T. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media.
Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah/Madrasah: Bahan Pembelajaran Utama Supervisi Akademik. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Engkoswara dan Komariah, A. (2011). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., dan Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22 (1), 65-70.
Kasmawati. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik di Masa Pandemi Covid-19 pada Sekolah Binaan di Kabupaten Takalar. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1 (2), 142-147.
Pohan, M. M. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah di Masa Pandemi Covid-19. Idarah: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 4 (2), 195-208.
Rismawan, E. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22 (1), 114-132.
Sarjono. (2020). Penerapan Supervisi Akademik Pengawas guna Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Melaksanakan Program BDR (Belajar dari Rumah) selama Masa Pandemi Covid-19 di Dabin 1 Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sumowono. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, 8 (2), 53-60.
Snae, Y. D. I., Budiati, A. C., dan Heriati, T. (2016). Modul Kepala Sekolah Pembelajar Kelompok Kompetensi 10: Supervisi Akademik. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suhartono, B. (2020). Eksistensi Supervisi Pengawas Pembina di Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Standar Proses di SMK Mustafa Lidh Tanaj Perbaungan. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2 (1), 51-61.
Suryaatmaja, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas dalam Menyusun Alat Penilaian Pembelajaran melalui Penerapan Supervisi Akademik Kepala Sekolah (Penelitian Tindakan Sekolah di SD Negeri Sukalaksana 04 Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2018/2019). JPD: Jurnal Pedagogiana, 8 (11), 9-17.
Wardani, R. K., Santosa, H., dan Rahmawati, D. (2020). Pengaruh Academic Supervision of School Heads dan Interpersonal Communication terhadap Teacher Performance Sekolah Dasar Negeri Jakarta Selatan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4 (2), 281-290.
Yousaf, S. U., Usman, B., dan Islam, T. (2018). Effects of Supervision Practices of Principals on Work Performance and Growth of Primary School Teachers. Bulletin of Education and Research, 40 (1), 285-298.
Zhang, W., Wang, Y., Yang, L., dan Wang, C. (2020). Suspending Classes Without Stopping Learning : China’s Education Emergency Management Policy in the COVID-19 Outbreak. Journal of Risk and Financial Management, 13 (55), 1-6.
DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.8384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.