Penggunaan Metafora Konseptual dalam Buku Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X / Conceptual Metaphors in Grade x Indonesian Language Textbooks

Unggul Putro Sambodo

Abstract


Tulisan ini dilatarbelakangi oleh anggapan bahwa metafora hanya berada pada karya sastra. Penelitian terkait metafora sudah pernah dilakukan, tetapi masih dalam satu jenis teks atau dalam fokus ranah sasaran tertentu. Oleh karena itu, peneliti mengambil buku teks sebagai sumber data karena buku teks mengandung banyak jenis teks dan sangat jarang ditemukan penelitian terkait buku teks. Buku teks yang dipilih peneliti adalah buku teks Bahasa Indonesia Kelas X. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode simak dengan teknik catat. Dimulai dengan menyimak teks bacaan dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas X, temuan data kemudian dicatat dengan menandai data-data yang akan dianalisis. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat 440 penggunaan metafora konseptual dari 50 teks yang dijadikan sumber data dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas X. Jenis metafora konseptual yang ditemukan terdiri atas 40 data metafora struktural, 64 data metafora orientasional, dan 336 metafora ontologis. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa intensitas penggunaan metafora ontologis merupakan yang paling tinggi dan penggunaan metafora struktural merupakan yang paling rendah. Dari hasil analisis data juga ditemukan adanya keterkaitan antara relativitas panjang tulisan dengan  intensitas penggunaan metafora konseptual. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya temuan data pada teks yang cenderung panjang dibandingkan pada teks-teks yang lebih pendek.

 

This paper is motivated by the assumption that metaphors only exist in literary works. Research related to metaphor has been done, but it is still in one type of text or a specific target domain. Therefore, the researcher investigated metaphors in a textbook because there are various types of texts in a textbook. Besides, metaphor research in textbook is not widely conducted. The textbook chosen by the researcher is the Indonesian Class X textbook. The method used in this paper is the listening method with the note-taking technique. Starting with listening to the reading text in the Class X Indonesian textbook, the data findings were recorded by marking the data to be analyzed. The results of data analysis showed that there were 440 uses of conceptual metaphors from 50 texts used as data sources in Indonesian Class X textbooks. The conceptual metaphors consisted of 40 structural metaphor data, 64 orientational metaphor data, and 336 ontological metaphors. Based on these results, it can be seen that the intensity of the use of ontological metaphors is the highest, and the use of structural metaphors is the lowest. There is also a relationship between the relativity of writing length and the intensity of conceptual metaphors. This phenomenon can be seen from the number of data findings in texts that tend to be long compared to shorter texts.


References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arimi, Sailal. 2015. Linguistik Kognitif. Yogyakarta: A.Com Press.

Chaer, Abdul dan Liliana Muliastuti. 2014. Semantik Bahasa Indonesia. Diunduh dari http://repository.ut.ac.id/4770/1/PBIN4215-M1.pdf pada 6 Januari 2020.

Croft, William dan D. Alan Cruse. 2004. Cognitive Linguistics. Cambridge: Cambrodge University Press.

Evans, Vyvyan dan Melanie Green. 2006. Cognitive Linguistics an Introduction: an Introduction. Edinburg: Edinburg University Press.

Fauconnier, Gilles dan Mark Turner. 2002. The Way We Think: Conceptual Blending and The Mind's Hidden Complexities. New York: Basic Books.

__________. 2003. “Conceptual Blending, Form and Meaning” dalam Recherches en Communication; No 19: Sémiotique cognitive — Cognitive Semiotics; 57-86. Diunduh dari https://tecfa.unige.ch/tecfa/maltt/cofor-1/textes/Fauconnier-Turner03.pdf pada 10 Januari 2020.

Halliday, M. A. K. dan Ruqaiya Hasan. 1976. Cohesion in English. London: Longman.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Knowles, Murray and Rosamund Moon, 2006. Introducing Metaphor. London and New York: Routledge.

Kövecses, Zoltán. 2010. Metaphor: A Practical Introduction. Oxford: Oxford University Press.

Lakoff, George dan Mark Johnson. 2003. Methapor We Live By. London: The University of Chicago Press.

Lakoff, George. 1992. The Contemporary Theory of Metaphor. Cambridge: Cambrodge University Press.

Mahsun. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pres.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Prayogi, Icuk. 2013. “Bentuk-Bentuk Metafora Temporal Bahasa Indonesia (Tinjauan Awal)” Prosiding Seminar Internasional Studi Bahasa dari Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada dan Gress Publishing.

Prayogi, Icuk dan Ikmi Nur Oktavianti. 2020. “Mengenal Metafora dan Metafora Konseptual” Sasindo Volume 8, No. 1. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Prayogi, Icuk dan Tri Mastoyo Jati Kesuma. Draf belum diterbitkan. “Indonesians’ Perspective of Time”.

Simanjorang, Mangaratua. 2008. “Metafora Konseptual”. GENERASI KAMPUS, Volume 1, Nomor 2, September 2008. Diunduh dari http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/viewFile/6944/5944 pada 28 April 2019.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26877/mf.v1i1.10518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.