UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA AUD MELALUI KEGIATAN BERMAIN KONSTRUKSI PLASTISIN BENTUK HURUF KELOMPOK B RA TAQWAL ILAH SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Kuntum Feminin, Ratna Wahyu Pusari

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak kurang optimal, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu kurangnya kemampuan motorik halus anak dalam memegang pensil yang benar, kemampuan motorik halus anak belum optimal seperti menggunakan jari jemari tangan (berlatih meremas, mencubit, dan menggenggam), anak belum mampu membuat bentuk benda atau suatu objek menggunakan plastisin, anak hanya melakukan kegiatan menggambar, mewarnai, melipat yang itu merupakan kegiatan monoton, dan adanya kecenderungan siswa bosan karena melakukan kegiatan motorik halus yang sudah sering dilakukan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana melalui kegiatan bermain konstruksi plastisin bentuk huruf dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak Kelompok B di RA Taqwal Ilah Semarang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompok B di RA Taqwal Ilah Semarang Tahun Ajaran 2015/2016 yang jumlah peserta didiknya 10 anak. Data dalam Penelitian Tindakan Kelas ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian setelah melakukan kegiatan bermain plastisin bentuk huruf, menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok B RA Taqwal Ilah Semarang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dengan tindakan yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, dan diperoleh hasil yaitu 40% pada siklus I dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain konstruksi plastisin bentuk huruf. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah supaya kegiatan bermain konstruksi plastisin bentuk huruf dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v5i1.1173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PAUDIA



 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand

slot gacor terpercaya

slot

situs judi bola

situs judi bola

papatogel

Judi Slot

dewajudiqq