UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI ANAK MELALUI BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA TAMPINGAN KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Aulia Sari, Anita Chandra Dewi Sagala
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dalam perkembangan emosi, proses modeling terhadap lingkungan mikro dapat terbentuk ketika anak mendapat stimulus berupa pengalaman-pengalaman emosi dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Perkembangan emosi berhubungan dengan seluruh aspek perkembangan anak. Permasalahan yang terjadi di kelompok B TK Dharma Wanita Tampingan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah rasa percaya diri anak dalam mengerjakan tugas masih kurang ditunjukkan pada saat anak melakukan tugas bermain peran masih malu, mereka belum bisa mengendalikan amarah seperti dalam bermain peran anak masih sering marah dan kurang sabar, anak-anak masih kurang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan seperti memainkan peran tidak sampai selesai dan tidak mau merapikan mainan setelah digunakan, dan belum bisa menyesuaikan diri dengan baik. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosi anak melalui bermain peran pada kelompok B TK Dharma Wanita Tampingan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Dharma Wanita Tampingan Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 26 anak. Penelitian tindakan Kelas ini dilaksanakan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yakni Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Peningkatan kecerdasan emosi anak melalui bermain peran pada kelompok B TK Dharma Wanita Tampingan Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2013/ 2014 pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase pada siklus I yaitu 42,31% anak dalam kategori baik dan karena ada penyempurnaan dari beberapa kekurangan siklus I pada siklus II meningkat menjadi 88,5%. Dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan melalui bermain peran dapat meningkatkan kecerdasan emosi anak kelompok B TK Dharma Wanita Tampingan Kabupaten Kendal. Saran dari hasil penelitian ini adalah hendaknya para pendidik anak usia dini menerapkan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan kepada anak untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak.