PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PADA KELOMPOK B TK KUNCUP HARAPAN KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2013/ 2014

Linda Aryani, Purwadi .

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya suatu permasalahan yang berhubungan dengan perkembangan sosial peserta didik yaitu kurang adanya rasa kebersamaan, saling memiliki, saling menyayangi antar teman, bersikap acuh tak acuh serta memudarnya rasa gotong royong diantara siswa satu dengan lainnya dikarenakan proses perubahan zaman yaitu era globalisasi yang mengkibatkan anak lebih mementingkan diri sendiri dan cenderung tidak peduli dengan lingkungan sekitar.

 Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan perkembangan sosial anak pada kelompok B TK Kuncup Harapan Kabupaten Demak? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan yang terjadi pada perkembangan sosial melalui penerapan model pembelajaran kooperatif pada kelompok B TK Kuncup Harapan Kabupaten Demak Tahun ajaran 2013/ 2014.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B TK Kuncup Harapan Kabupaten Demak, semester I Tahun ajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 20 anak dengan komposisi laki-laki sejumlah 13 anak dan perempuan sejumlah 7 anak.

 Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif, menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari perkembangan sosial anak pada kelompok B TK Kuncup Harapan Kabupaten Demak Tahun ajaran 2013/ 2014. Skor peningkatan   perkembangan sosial anak pada kelompok B TK Kuncup Harapan Kabupaten Demak Tahun ajaran 2013/ 2014, kondisi awal diperoleh jumlah skor sebesar 242 poin (50,42%) kemudian pada siklus I jumlah skor meningkat sebesar 89 poin (18,26%) menjadi 331 poin (68,68%), dan akhirnya pada siklus II jumlah skor meningkat sebesar 96 poin (20,15%) menjadi 427 poin (88,83%). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif terbukti dapat meningkatkan perkembangan sosial anak pada kelompok B TK Kuncup Harapan Kabupaten Demak Tahun ajaran 2013/ 2014.

 

Kata kunci: Perkembangan Sosial, Pembelajaran Kooperatif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v3i1.1680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PAUDIA



 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand