UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA WAYANG HURUF PADA KELOMPOK B TK KASIH IBU KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Nurul Hayati, Muniroh Manawar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi  pentingnya kemampuan membaca dalam bahasa anak, baik di sekolah maupun di lingkungan keluarga untuk kesiapan anak dalam melanjutkan di sekolah dasar. Kurangnya kemampuan membaca akan menghambat anak dalam berkomunikasi, terutama menurunnya prestasi perkembangan bahasa anak.

Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca melalui media wayang huruf? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui media wayang huruf pada peserta didik kelompok B di TK KASIH IBU Kota Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014.

Penelitian ini dilakukan pada anak Kelompok B TK Kasih Ibu Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 16. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penugasan, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil observasi dianalisis menggunakan teknik deskriptif  kualitatif yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat, dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Aktifitas dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai proses siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media wayang huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak TK Kasih Ibu Kelompok B tahun pelajaran 2013/2014. Kemampuan membaca dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 15% yang memiliki kemampuan baik menjadi 83%. Terjadi peningkatan sebanyak (68%).

Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru guru dalam pembelajaran menyampaikan materi melalui media dan alat peraga. Guru harus mampu menciptakan media yang dapat mendukung kegiatan belajar anak. Guru harus kreatif menggunakan metode-metode lain yang dapat meningkatkan sikap dan kemampuan membaca siswa.

 

Kata Kunci : Media Wayang Huruf, Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca


Full Text:

PDF Untitled


DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v3i1.1683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PAUDIA



 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand