PENINGKATAN KONSENTRASI ANAK DIDIK MELALUI TEKNIK KOLASE PADA KELOMPOK B TK IT ROBBANI KENDAL TAHUN AJARAN 2013/2014

Tri Puji Wulandari, Listyaning Sumardijani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena konsentrasi yang dimiliki anak masih rendah. Hal ini dapat diketahui anak kurang fokus terhadap tugas yang sedang dikerjakan, selain itu kurangnya kesabaran anak dalam proses pembelajaran dengan ditandai adanya anak yang tidak mengerjakan dengan sungguh-sungguh dan hasilnya tidak sesuai yang diinginkan.

Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan konsentrasi melalui teknik kolase? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan konsentrasi melalui teknik kolase pada kelompok B TK IT ROBBANI Kendal Tahun Ajaran 2013/2014.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menggunakan teknik kolase menunjukkan adanya pengaruh positif dari konsentrasi anak TK IT ROBBANI Kendal Tahun Ajaran 2013/2014. Peningkatan rata-rata konsentrasi pada kelompok B TK IT ROBBANI Kendal Tahun Ajaran 2013/2014 dari sebelum treatment adalah sebesar 22,7%, dan sesudah dilakukan treatment siklus I, meningkat menjadi 68,2 % dan dilakukan lagi treatment siklus II, maka dihasilkan peningkatan konsentrasi menjadi 81,8%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa “menggunakan teknik kolase dapat meningkatkan konsentrasi anak kelompok B TK IT ROBBANI Kendal Tahun Ajaran 2013/2014.

Kata Kunci : Konsentrasi, Teknik Kolase


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v3i1.1688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PAUDIA



 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand