UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN ORIGAMI VARIATIF PADA KELOMPOK A USIA 4-5 TAHUN DI KB-TK DAQU SCHOOL SEMARANG
Ikho Elista Liana, M. Kristanto, Ismatul Khasanah
Abstract
Abstrak
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak yang masih kurang, terlihat dari cara anak menyusun balok yang belum sesuai dengan presisi yang tepat, selain itu ada beberapa anak yang masih kesulitan membuat garis melengkung, serta pada saat anak mewarnai gambar terlihat belum rapi. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motorik halus anak kelompok A KB-TK DaQu School Semarang melalui kegiatan origamivariatif menggunakan media kertas origami.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompok A di KB-TK DaQu School Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu 8 anak. Data dalam Penelitian Tindakan Kelas ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian setelah melakukan kegiatan origami variatif menggunakan media kertas origami, menunjukkan adanya peningkatan terhadap motorik halus pada anak kelompok A KB-TK DaQu School Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dengan tindakan yang terdiri dari 2 siklus dan diperoleh hasil yaitu siklus I 50% dan siklus II sebesar 87,5%. Prosentase siklus I ke Siklus II megalami peningkatan sebesar 37,5% Oleh karena itu, dapat simpulkan bahwa motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan origami variatif menggunakan media kertas origami.Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah supaya kegiatan origami variatif menggunakan media kertas origami dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Abstract
The encouraging background of this study is the subtle motor skills of children who are still lacking, seen from the way children make blocks that have not been in accordance with the precise precision, in addition there are some children who are still difficult to make curved lines, as well as when the child coloring the image is visible it's not tidy yet. The objectives to be achieved in this research is to improve the fine motor of the children of group A-Kindergarten DaQu School Semarang through varied origami activities using paper origami media. The type of this research is Classroom Action Research (PTK) with research subject of group A in KB-TK DaQu School Semarang Lesson 2017/2018 which is 8 children. Data in Action Research This class is obtained through observation and documentation. Based on the results of research after performing varied origami activities using origami paper media, showed an increase of fine motor in children group A-Kindergarten DaQu School Semarang academic year 2017/2018. This research was conducted with action consist of 2 cycles and obtained the result that is cycle I 50% and cycle II equal to 87,5%. Percentage of cycle I to Cycle II megalami increased by 37.5% Therefore, it can be concluded that the fine motor of children can be improved through varied origami activities using origami paper media. Suggestions that can be submitted from the results of this research is that varied origami activities using paper origami media can be used as an alternative teacher in teaching.