PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA ANAK TK DI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN TRITUNGGAL SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019
Agnisella Kezia Sumbogo, Purwadi Purwadi, Anita Chandra Dewi Sagala
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh metode bermain peran terhadap perilaku agresif pada anak TK di Taman Kanak-Kanak Kristen Tritunggal Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam metode quasi experimental designdengan desain the non ekuivalen, pretest-posttes design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Penggunaan metode bermain peran memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan perilaku agresif anak kelas TK B TK Kristen Tritunggal Semarang, dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdasarkan empat indicator perilaku agresif anak. Hal ini terbukti dengan hasil analisis pengaruh menggunakan perhitungan uji t yang dilakukan selama proses penelitian, diperoleh thitung = 31,4029 > ttabel = 1,701 dengan rata-rata terhadap perilaku agresif pada anak memberikan pengaruh positif, yaitu terjadi penurunan terhadap perilaku agresif anak.
Kata kunci : Metode Bermain Peran, Perilaku Agresif
Abstrack
This study aims to identify the effect of role playing methods on aggressive behavior in kindergarten children in the Trinitarian Christian Kindergarten Semarang. This type of research is quantitative research in quasi-experimental design method with the non-equivalent design, pretest-posttes design. This research uses simple random sampling technique. Data collection techniques in this study use observation and documentation. The use of role playing method has a significant influence in reducing the aggressive behavior of kindergarten children in Trinitarian Christian Kindergarten Semarang class, with the implementation of learning activities based on four indicators of children's aggressive behavior. This is evidenced by the results of the analysis of the influence using the calculation of the t test conducted during the research process, obtained t count = 31.4029> t table = 1.701 with an average of aggressive behavior in children has a positive influence, namely a decrease in aggressive behavior of children.
Keywords: Role Playing Method, Aggressive Behavior