PENGARUH METODE GLENN DOMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADAUSIA 5-6 TAHUN DI TK MARANATHA 01 SEMARANG
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak dijumpai pada anak usia 5-6 tahun seperti banyaknya anak usia 5-6 tahun masih kesulitan dalam mengenal kata sehingga perkembangan kemampuan membaca permulaan pada anak masih belum dicapai secara optimal, kurangnya stimulasi untuk mengenal kata akan dapat menyebabkan gangguan bahasa pada bicara anak, masih minimnya metode pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan, kegiatan membaca dilakukan dengan menghubungkan garis putus-putus yang membentuk pola satu huruf menjadi rangkaian kata dengan menggunakan lembar kerja anak.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh penggunaan media Glenn Doman terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun. TK Maranatha 01 Semarang tahun 2016/2017. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Glenn Doman terhadap kemampuan membaca permulaan pada usia 5-6 tahun di TK Maranatha 01 Semarang tahun Ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.Populasi penelitian adalah kelompok TK B Maranatha 01 Semarang tahun 2016/2017. Sampel yang diambil adalah dua kelompok B TK Maranatha 01 Semarang yang berjumlah 32 anak kelompok B Imanuel dan Nathanael dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling berbentuk Purposive Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t diketahui thitung lehih dari ttabel(0,20039171> 1,701). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Dengan kata lain terdapat penggaruh penggunaan media Glenn Doman terhadap kemampuan membaca permulaan pada usia 5-6 TK Maranatha 01 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media Glenn Doman dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu anak dalam membaca permulaan.
Abstrak
The encouraging background of this research is found in children aged 5-6 years as the number of children aged 5-6 years is still difficult to recognize the word so that the development of early reading ability in children is still not achieved optimally, the lack of stimulation to recognize the word will be able to cause language impairment in children's speech, the lack of learning method used in improving the ability to read the beginning, reading activity is done by connecting dashed lines that form the pattern of one letter into a series of words using the child's work sheet.
The problems in this research is how the influence of Glenn Doman media usage on early reading ability in children aged 5-6 years. TK Maranatha 01 Semarang in 2016/2017. The objective to be achieved in this research is to know the influence of Glenn Doman media usage on early reading ability at age 5-6 years in kindergarten Maranatha 01 Semarang academic year 2016/2017.
This type of research is quantitative research in the form of Quasi Experimental Design with Noquivalent Control Group Design research design. The study population is group TK B Maranatha 01 Semarang in 2016/2017. The samples taken were two groups of B TK Maranatha 01 Semarang which consisted of 32 children of group B Imanuel and Nathanael using Non Probability Sampling technique in the form of Purposive Sampling. Data in this study were obtained through interviews, observation, questionnaires and documentation.
The result of the research shows that t test is known thitung lehih from ttable (0,20039171> 1,701). From these results it can be concluded that H0 is rejected. In other words there is the influence of the use of Glenn Doman media to the ability to read the beginning at the age of 5-6 kindergarten Maranatha 01 Semarang.
Based on the results of this study suggestions that can be delivered is Glenn Doman media can be used as a medium of learning to help children in reading the beginning.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3267
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 PAUDIA : JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats