Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini

Rendy Setyowahyudi

Abstract


Mendalami ilmu pendidikan anak usia dini tidak dapat dilakukan apabila hanya mengkaji pemikiran satu tokoh saja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) pemikiran, (2) persamaan dan perbedaan pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang pendidikan anak usia dini. Metode yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan yang mengkomparasikan pemikiran kedua tokoh. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan selama dua bulan mulai januari sampai februari 2020. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan (1) pemikiran pendidikan anak usia dini menurut Ki Hajar Dewantara adalah pendidikan yang diberikan pada anak 0-7 tahun dengan pemberian pendidikan yang memperhatikan unsur alami anak dengan materi melatih panca indera menggunakan metode lahiriah dan batiniah dilakukan di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dengan tujuan mengembangkan cipta, rasa dan karsa pada anak. Menurut Maria Montessori pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang diberikan untuk anak 0-6 tahun dilakukannya dilingkungan sekolah dengan materi keterampilan sehari-hari menggunakan metode lahiriah dan batiniah yang memberikan kebebasan anak untuk memilih aktivitas dan media yang ingin digunakan. (2) persamaan dan perbedaan pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang anak usia dini terletak dari aspek nama dan filosofi sekolah, setting lingkungan, dasar pemikiran PAUD, metode dan tugas pendidik.


Keywords


Ki hajar dewantara, maria montessori, pendidikan anak usia dini

Full Text:

PDF (bahasa)

References


Adpriyadi, A. (2018). Pendidikan karakter anak usia dini perspektif Ki Hajar Dewantara. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 34-40.

Asmiati, D.S., A. C., & Kusumaningtyas, N. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Konsep Diri Anak Kelompok B Di Tk 1 Pertiwi Semarang. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 116–127.

Ayu, N. M. L., Tirtayani, L. A., & Abadi, I. B. G. S. (2019). Evaluasi Program Paud Inklusi Di Kota Denpasar Ditinjau. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 57–67.

Cahyani, R., & Suyadi, S. (2018). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 219–230. https://doi.org/10.14421/jga.2018.219-230

Dewantara, K. H. (1959). Taman indrya/kindergarten. Yogyakarta: Madjelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Elytasari, S. (2017). Esensi Metode Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Arraniry, 3(1), 59–73.

Fajarwati, I. (2014). Konsep Montessori tentang pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, 11(1), 37-52.

Hastuti, D. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Montessori. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1(1), 7–14.

Hainstock, E. G. (1997). Teaching Montessori in the home: The pre-school years. Teaching Montessori in the Hom.

Hidayah, R. N. (2015). Pendidikan anak usia dini perspektif Ki Hajar Dewantara. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 9(2), 249-258.

Hidayatulloh, M. A. (2014). Lingkungan Menyenangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pemikiran Montessori. Nadwa, 8(1), 139. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.574

Isaacs, B. (2007). Bringing the montessori approach to your early years practice. In Bringing the Montessori Approach to your Early Years Practice. https://doi.org/10.4324/9780203931769

Johnson, J. E., & Roopnarine, J. L. (2011). Pendidikan anak usia dini dalam berbagai pendekatan Edisi Kelima. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kusumaningtyas, N. (2018). Hubungan pola asuh orang tua dengan konsep diri anak kelompok b di tk 1 pertiwi semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). Doi: 10.26877/paudia.v7i1.2478

Magta, M. (2013). Konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara pada anak usia dini. Jurnal pendidikan usia dini, 7(2), 221-229. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.072

Masyrofah, M. (2017). Model pembelajaran montessori anak usia dini. Aṣ-Sibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 105-116.

Montessori, M. (2008). The absorbent mind : pikiran yang mudah menyerap. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Montessori, M. (2013). Metode montessori: panduan wajib untuk guru dan orangtua didik PAUD pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahayu, E. P., & Sugito, S. (2018). Implementasi pemikiran Ki Hadjar Dewantara di taman kanak-kanak. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 19–31. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i1.10704

Rahmat, S. T. (2018). Filsafat pendidikan anak usia dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-13.

Samho, B., & yasunari, O. (2010). Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Tantangan-Tantangan Implementasinya Di Indonesia Dewasa ini. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Soejono, A. (1978). Aliran baru dalam pendidikan. Bandung: CV Ilmu.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Susanto, A. (2017). Pendidikan anak usia dini (konsep dan teori). Jakarta: Bumi Aksara

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat.

Usman, J. (2018). Kaidah-kaidah dasar pendidikan anak (studi komparasi pemikiran abdullah nasih ulwan dengan Maria Montessori). Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 149-167. DOI: 10.19105/tjpi.v13i1.1716

Utami, P. N. (2017). Konsep pendidikan karakter menurut Ki Hajar Dewantara (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga).

Yudistira, A.S. (2017). Pendidikan anak usia dini menurut ki hajar dewantara. Retrieved Februari 10, 2020,fromhttp://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20170328213257/Pendidikan-Anak-Usia-Dini-Menurut-Ki-Hajar-Dewantara

Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.5610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats