Strategi Pembiayaan Lembaga Pendidikan Berbasis Filantropi Islam di Rumah Pintar BAZNAS “Pijoengan” Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembiayaan berbasis dana filantropi Islam di Rumah Pintar BAZNAS piyungan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yang mengunakan metode deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis eskploratif. Analisis ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana strategi pembiayaan pendidikan yang sudah dilakukan di lembaga Rumah Pintar BAZNAS piyungan. Hasil penelitian menujukkan bahwa pembiayaan yang dilakukan Rumah Pintar (Rumpin) saat ini didapatkan melalui infaq, shadaqah, dan alokasi biaya Rumpin yang dikelola secara mandiri. Beberapa sumber dana yang dilakukan secara mandiri oleh Rumpin saat ini yaitu seperti adanya kegiatan les calistung, kelas pagi dan sore, tahfiz, sekolah alam, kelas kursus bahas inggris dan menyewakan beberapa alat pertanian kepada yang membutuhkan.
Keywords
Full Text:
PDF (bahasa)References
Bamualim, Chaider S., dan Bakar, Irfan Abu., (2005) Revitalisasi Filantropi Islam. Jakarta: PBB UIN Syarif Hidayatullah.
Beckman, Pat. 2004. Strategi Instruction. (http://ercec.org/digests/e638.html).
Echols, John M., dan Shadily, Hasan. (1995). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Futaqi, S., Machali, I., 2018. Pembiayaan Pendidikan Berbasis Filantropi Islam: Strategi Rumah Pintar BAZNAS Piyungan Yogyakarta. Manag. J. Manaj. Pendidik. Islam 3, 231–256. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-02
Gaus A. F, A., 2008. Filantropi dalam masyarakat Islam. Elex Media Komputindo.
Kholis, N., Sobaya, S., Andriansyah, Y., Iqbal, M., 2013. Potret Filantropi Islam Di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. La_Riba 7, 61–84. https://doi.org/10.20885/lariba.vol7.iss1.art5
Latief, H., 2013. Filantropi Dan Pendidikan Islam Di Indonesia. J. Pendidik. Islam 28, 123–139. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i1.540
Linge, A., 2015. Filantropi Islam Sebagai Instrumen Keadilan Ekonomi. J. Perspekt. Ekon. DARUSSALAM 1, 154–171. https://doi.org/10.24815/jped.v1i2.6551
Nasrullah, aan, 2015. Pengelolaan Dana Filantropi Untuk Pemberdayaan Pendidikan Anak Dhuafa (Studi Kasus Pada Bmh Cabang Malang Jawa Timur). Hunafa J. Stud. Islam. 12, 1–18. https://doi.org/10.24239/jsi.v12i1.377.1-18
Nurani, Yuliani, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan UT.
Sudirman. 2007. Zakat dalam Pusaran Arus Modernitas. Malang: UIN Malang Press.
Supiana & Karman. 2012. Materi Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS (Center of Akademik Publishing Service).
Tedjawati, J.M., 2013. Pendanaan Pendidikan Anak Usia Dini. J. Pendidik. Dan Kebud. 19, 346–363. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i3.294
Teguh. Pengelola Rumah Pintar BAZNAS “Pijoengan” Bantul Yogyakarta, Wawancara. n.d.
Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Uyun, Qurratul. 2015. Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf Sebagai Konfigurasi Filantropi Islam. J. Islamuna. 2, 218- 234.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats