Analisis Metaphorming Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan atas dasar untuk meningkatkan cara berpikir kreatif atau metaphorming pada anak usia dini kelompok Buncis TK B PAUD Unggulan Taman Belia Candi Semarang melalui media loose parts. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data bersumber dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis metaphorming melalui media loose parts pada anak usia dini. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi metaphorming sebagian besar telah dilaksanakan proses pembelajaran yang telah memuat tahap-tahap metaphorming. Selain itu metaphorming dan media loose parts saling berkaitan dalam meningkatkan kreativitas anak. Penggunaan media loose parts mendukung beberapa tahap-tahap metaphorming pada pembelajaran di kelas. Berikut tahapan metaphorming yang diterapkan pada pembelajaran telah tercapai, meliputi: 1) Koneksi (Connection) ditemukan ketika pembahasan tema dengan menggali informasi sebanyak-banyaknya; 2) Penemuan (Discovery) terjadi ketika anak mulai merancang ide atau gagasan yang akan dituangkan melalui media loose parts dan memilih kegiatan main sesuai minat anak; 3) Penciptaan (Invention) dijumpai ketika anak bermain media loose parts sehingga anak dapat menciptakan dan mengembangkan ide maupun gagasan sesuai tema yang telah dibahas; 4) Aplikasi (Aplication) terjadi ketika anak menceritakan karya yang telah dibuat melalui media loose parts yang diterapkan pada kehidupan, hal ini menunjukkan anak dapat membuat koneksi kata per kata untuk menggambarkan idenya.
Keywords
Full Text:
PDF (bahasa)References
Al-Mahasneh, R. (2018). The Role of Teachers in Establishing an Attractive Environment to Develop the Creative Thinking among Basic Stage Students in the Schools of Tafilah Governorate According to Their Own Perspective. Journal of Curriculum and Teaching, 7(1), 206-221.
Anwar, B. (2019). Model Pembelajaran Metaphorming. Shaut al Arabiyyah, 7(1), 78-90.
Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Jurnal
Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Physical Education for Indonesian Student Teachers. Published Dissertation. Enschede: University of Twente.
Kependidikan dan Kemasyarakatan, 14(2), 231-246.
Ben-Attar, P., Perez, M., & Parham, L. D. (2016). Loose Parts Playground at an Albuquerque Elementary School.
Daly, L., & Beloglovsky, M. (2014). Loose parts: Inspiring play in young children (Vol. 1). Redleaf Press.
Flannigan, C., & Dietze, B. (2017). Children, outdoor play, and loose parts. Journal of Childhood Studies, 42(4), 53.
Gençer, A. A., & Avci, N. (2017). The Treasure in Nature! Loose Part Theory. Current Trends in Educational Sciences, 9.
Gibson, J. L., Cornell, M., & Gill, T. (2017). A Systematic Review of Research into the Impact of Loose Parts Play on Children's Cognitive, Social and Emotional Development. School mental health, 9(4), 295-309.
Gull, C., Bogunovich, J., Goldstein, S. L., & Rosengarten, T. (2019). Definitions of Loose Parts in Early Childhood Outdoor Classrooms: A Scoping Review. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 6(3), 37-52.
Hadijah, S. (2017). Perbandingan Antara Kemampuan Critical Thinking Dan Metaphorming Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sma Negeri 21 Gowa. 1–184.
Houser, N. E., Cawley, J., Kolen, A. M., Rainham, D., Rehman, L., Turner, J.,& Stone, M. R. (2019). A Loose Parts Randomized Controlled Trial to Promote Active Outdoor Play in Preschool-aged Children: Physical Literacy in the Early Years (PLEY) Project. Methods and protocols, 2(2), 27.
Jee-Da, Park. (2011). Studi Kasus Metaforming untuk Pendidikan Desain Kreatif. Forum Desain Korea, 32, 317-326.
Kartini, K., & Sujarwo, S. (2014). Penggunaan media pembelajaran plastisin untuk meningkatkan kreativitas anak usia. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 199-208
Kiewra, C., & Veselack, E. (2016). Playing with Nature: Supporting Preschoolers' Creativity in Natural Outdoor Classrooms. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 4(1), 70-95.
Li, L. (2019). Analysis on the Environmental Creation Strategy of Creative Art Characteristic Activities in Kindergartens.
Martani, W. (2012). Metode stimulasi dan perkembangan emosi anak usia dini. Jurnal Psikologi, 39(1), 112-120.
Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019).
Implementation of STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics)-based early childhood education learning in Semarang City. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276-285.
Nurlaela, L. (2015, February). Developing Creative Thinking Skills in Learning at Higher-Educational Institution of Teacher. In 3rd UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training. Atlantis Press.
Oncu, E. C. (2016). Improved Creative Thinkers in a Class: A Model of Activity Based Tasks for Improving University Students' Creative Thinking Abilities. Educational Research and Reviews, 11(8), 517-522.
Richard Florida, dkk., .(2015). The Global Creativity Index 2015, (Toronto : The Martin Prosperity Institute)
Setiawan, W. (2016). Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 208-216. Setiawan, W. (2016). Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 208-216.
Siler, T. (2015). The ArtScience Program for Realizing Human Potential. Leonardo, (December), 389–424. https://doi.org/10.1162/LEON
Sunito, I. dkk. 2013. Metaphorming Beberapa Strategi Berpikir Kreatif. Jakarta: Indeks.
Sutton, M. J. (2011). In the hand and mind: The intersection of loose parts and imagination in evocative settings for young children. Children Youth and Environments, 21(2), 408-424.
Ward, K. (2018). What's in a dream? Natural elements, risk and loose parts in children's dream playspace drawings. Australasian Journal of Early Childhood, 43(1), 34-42.
Weia, Y. S., Penga, C. F., & Salleha, F. H. U. K. M. (2017). Cognitive Effects Of Thinking Maps, Six Thinking Hats And Taxonomy Bloom On Indigenuos Pupils. International Journal Of Environmental & Science Education, 12(2), 3830-3838.
Widiasari, S., Susiati, I., & Saputra, W. N. E. (2016). Play Therapy Berbasis Kearifan Lokal: Peluang Implementasi Teknik Konseling di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 61-68.
Windania, R. & Siagian, R.E. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Unindra 2: 1-6.
Yavuz, L. C. (2016). T he Effects of Loose Parts and Nature-Based Play on Creativity in the Montessori Early Childhood (3-6 year old) Classroom.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats