Persepsi Guru Tentang standar Pembelajaran Matematika Di Tk Di Kabupaten Magelang

febru puji astuti, Rasidi Rasidi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui persepsi guru terhadap standar pembelajaran matematika di TK di Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. 2) Faktor pendukung persepsi guru tentang standar pembelajaran matematika di TK. 3) Faktor penghambat persepsi guru tentang standar pembelajaran matematika di TK. Penelitian ini menggunakan mix method dengan jenis ekspalanasi sekuensial, Data penelitian ini diawali dengan penelitian kuantitatif untuk melihat kondisi persepsi guru secara deskriptif, kemudian dicari akar masalah dan faktor yang dominan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada 38 guru TK di kecamatan mertoyudan, dengan simple random sampling. Metode yang digunakan 1). Menghimpun data melalui angket (data primer), studi dokumentasi (sekunder); 2). Ditindaklanjuti oleh observasi, wawancara, partispatoris, kajian dokumen, dan FGD. Analisis data tahap pertama menggunakan deskriptif persentase, dan tahap kedua menggunakan analisis data kualitatif dengan teknik analisis data model interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) secara deskriptif diperoleh persepsi guru tentang standar pembelajaran dengan skor 3.186 dengan persentase 70.42% dan masuk dalam kategori baik. 2) Faktor pendukung utama yaitu dukungan kurikulum, pembinaan kepala sekolah, permintaan stakeholder terutama guru SD, permintaan orang tua. 3) Faktor penghambat utama yaitu Pemikiran guru, media pembelajaran, penilaian, kepribadian guru dalam menerapkan standar pembelajaran matematika di TK. 


Keywords


Persepsi Guru, Standar Pembelajaran Matematika, Matematika di PAUD

Full Text:

PDF (bahasa)

References


Christianti, M., Cholimah, N., & Suprayitno, B. (2015). Development of Entrepreneurship Learning Model for Early Childhood. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 3(3), 65–70.

Clements, D. (2017). Mathematics in early childhood learning. National Council of Teachers of Mathematics.

Clements, D. H., & Sarama, J. (2018). Myths of early math. Education Sciences, 8(2), 1–8.

Creswell, J. W. (2010). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Danoebroto, S. W. (2015). Teori belajar konstruktivis Piaget dan Vygotsky. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 2(3), 191–198.

Dooley, T., Dunphy, E., With, G. S., Butler, D., Corcoran, D., Farrell, T., Nicmhuirí, S., O’connor, M., Travers, J., & Perry, B.

(2014). Mathematics in Early Childhood and Primary Education (3-8 years) Teaching and Learning.

González, R. L., & Jackson, C. L. (2013). Engaging with parents: the relationship between school engagement efforts, social class, and learning. School Effectiveness and School Improvement, 24(3), 316–335.

Hartini, P. (2012). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Media Permainan memancing Angka Di Taman Kanak-Kanak Fathimah Bukareh Agam. Pesona PAUD, I(20), 10.

Joy Caño, K., Grace Cape, M., Mar Cardosa, J., Miot, C., Rianne Pitogo, G., & Mae Quinio Jewish Merin, C. (2016). Parental Involvement on Pupils’ Performance: Epstein’S Framework. The Online Journal of New Horizons in Education, 6(4), 143–150.

Kaur, B., & Dindyal, J. (2010). Mathematical Applications and Modelling: Yearbook 2010, Association of Mathematics Educator.

Li, Q., & Ni, Y. (2012). Debates on the Basic Education Curriculum Reform and Teachers’ Challenges in China. Chinese Education & Society, 45(4), 9–21.

Linder, S. M. (2017). Early Childhood Mathematics: Making it Count. Institute for Child Succes, 12.

Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). Jakarta: Indeks.

Mujahidah. (2015). Implementasi Teori Ekologi Bronfenbrenner Dalam Membangun Pendidikan Karakter Yang Berkualitas.

Implementasi Teori Ekologi, IXX(2), 171–185.

Na’imah, T. (2012). Pendidikan Karakter (Kajian Dari Teori Ekologi Perkembangan). Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami, 159–166.

Nurkamilah, M., Mirawati, M., & Arumsari, C. (2018). Disposisi matematis anak usia dini (studi kasus di kelompok a paud permata hati aisyiyah tasikmalaya). Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 19–29.

Rusmawan, I. P. H. G., Candiasa, I. M., & Parwati, N. N. (2017). Instrumen Penilaian Aktivitas Belajar Matematika Siswa Sd Berorientasi Pendidikan Karakter. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 11(2), 125–139.

UNICEF. (2014). Child Rights Education Toolkit: Rooting Child Rights in Early Childhood Education, Prmary and Secondary Schools. (Online). (https://www.unicef.org/media/63081/file/UNICEF-Child-Rights-Education-Toolkit.pdf). Diakses 12 Juni 2020

Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, hlm. 26. (Online), (http://repositori.kemdikbud.go.id/), diakses 12 Juni 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats