Implementasi Pembelajaran Quantum Learning Melalui Buku Aktivitas Covid 19 Terhadap Literasi Anak Usia Dini

Devi Vionitta Wibowo

Abstract


 Literatur ini memiliki misi agar dapat menjadi bahan literasi untuk buah hati melalui activity book serial covid 19 sebagai bahan ajar anak usia dini ketika belajar di rumah. Metode yang digunakan berupa metode literatur dengan analisis konten isi dengan berpacu pada buku aktiviatas anak “Gembira Bersama Abi dan Umi serial covid 19” yang diterbitkan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak Hasil penelitian menyatakan bahwa adanya tujuan penerapan model Quantum Learning Topik 10 dalam buku aktivitas anak serial covid 19 terhadap pembelajaran anak usia dini dengan memberikan ilmu pengetahuan tentang pengenalan dan pencegahan covid 19 yang didesain berdasarkan sketsa luar biasa sehingga dapat memicu minat baca anak. adanya penerapan gambar-gambar yang menarik serta permainan yang menyenangkan bagi anak sebagai modal mereka untuk belajar di rumah merupakan penunjang minat baca anak dan penambah ilmu pengetahuan terhadap pencegahan covid 19 yang melanda dunia.


Keywords


Quantum Learning, activity book, covid 19, literacy, early childhood

Full Text:

PDF (bahasa)

References


Aizah, S., & Wati, S. E. (2014). Upaya Menurunkan Tingkat Stres Hospitalisasi Dengan Aktifitas Mewarnai Gambar pada Anak Usia 4-6 Tahun di Ruang Anggrek RSUD Gambiran Kediri. Ejornal Kedokteran Universitas Airlangga.

Aprinawati, I. (2018). PENGGUNAAN MODEL PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA WACANA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35

Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Astuti, W. (2017). Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 124. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.41

Azaria, C., & Rayhana. (2016). Hubungan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Ibu dengan Kejadian Diare Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kacang Pedang 2015. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan.

Bobi De Porter, M. H. (2016). Quantum learning (Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. PT Kaifa.

Dalman. (2014). Keteranpilan Membaca. PT Rajagrafindo Persada Dalman.

Darmadi, H. (2017). Membaca Yukk Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Dini. Guepedia Publish.

DEPKES RI. (2018). Pelayanan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Dewi, D. K., Soekamto, H., & Herlambang, S. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Geografi Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Geografi. https://doi.org/10.17977/um017v22i12017p010

Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.154

Handayani, A. (2019). How To Raise Great Family. Kompas Gramedia.

Hernowo. (2015). Quantum Reading. PT Kaifa Leaning.

Khodijah, S. (2016). Program Pendidikan Gizi Pada Orang Tua Untuk Membangun Pola Makan Sehat Anak Usia Dini ( Penelitian Tindakan Kolaboratif di PAUD Kenanga Kota Bandung ). Jurnal Tunas Siliwangi, 159. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v2i1p159-180.314

kurniawan, heru. (2018). Reading Parenting. PT Alex Media Komputindo.

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. PT Kencana.

Merry Leonhardt. (2002). 99 Cara Menjadikan Anak Anda Kerajingan Membaca. PT Kaifa Leaning.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Panglima, J. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I MI Se-Kecamatan Kedungadem Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan B. 3833, 150–159.

Pirandola, S. (2011). Quantum reading of a classical digital memory. Physical Review Letters. https://doi.org/10.1103/PhysRevLett.106.090504

Potter, B. (2016). Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan.Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. PT Kaifa Leaning.

Rachmadi, G. A. (2019). Easy Parenting Strategi Menumbukan Minat Baca Sejak Usia Dini. Edwrite Publishing.

Rahmawati, K. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Linguistik. Basic Education, 5(3), 232.

Rukajat dan Martah. (2020). Menumbuhkan Minat Baca Anak. Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam Hawari, 1, 42.

Samiaji, H. (2018). Literasi Parenting. PT Alex Media Komputindo.

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats