Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri

Anik Lestariningrum, Intan Prastihastari Wijaya

Abstract


Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang sudah dilakukan ditemukan permasalahan terkait konsep pembelajaran yang berbasis budaya lokal dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan belum tertuang di perangkat pembelajaran yang dibuat guru sementara di KTSP sudah tertuang pelaksanaan konsep tersebut. Permasalahan tersebut diatasi dengan menyusun desain pengembangan model pembelajaran dengan guru di TK Negeri Pembina Kota Kediri terkait pembelajaran berbasis budaya lokal tersebut dapat tertuang di perangkat pembelajaran mulai dari Prosem, RPPM dan RPPH. Tujuan Penelitian ini adalah; (a) Mendeskripsikan tingkat kebutuhan pengembangan model pembelajaran berbasis sosial budaya di TK Negeri Pembina Kota Kediri, (b) Mengetahui prototipe pengembangan model pembelajaran berbasis sosial budaya. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah guru dan anak. Proses analisis data yang dilakukan yaitu menganalisis data secara gambaran deskriptif dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Adanya tingkat kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran berbasis budaya lokal guru memahami akan pentingnya menyusun perangkat pembelajaran sesuai konsep memasukan budaya lokal sesuai karakteristik anak; (b) Konsep bentuk desain pengembangan model pembelajaran terdiri atas dua konsep yaitu konsep dasar filosofi model dan konsep dari implementasi model. Setelah melalui proses analisis data tingkat validitas isi dinyatakan pengembangan model pembelajaran berbasis budaya lokal sudah menuhi aspek praktis sehingga layak digunakan

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Hijriati. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak. Volume III. Nomor 1 Januari-Juni 2017; 74-92

Karwati, Euis. (2014). Pengembangan Pembelajaran Dengan Menekankan Budaya Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Eduhumaniora: Vol.6, No.1, Januari 2014; 53-60

Kuntjojo, dan Wijaya, Intan P. (2018). Model Assesmen Informasi Kecerdasan Jamak Anak Usia 4 dan 5 Tahun. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol.12 edisi 1, April 2018; 88-103

Maryatun, Ika B. (2017). Pengembangan Tema Pembelajaran Untuk Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan anak, Vol.6, Edisi 1 Juni 2017;41-47

Nurani, Yuliani. (2014). Kurikulum Anak Usia Dini. Program Studi PG PAUD, FIP, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta: Buku Ajar

Santrock, John. W. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7, Jilid 2 (terjemahan Sarah Genis B), Jakarta: Erlangga

Suryana, Yaya dan Rusdiana, A. (2015). Pendidikan Multikultural, Suatu upaya Penguatan Jati Diri Bangsa. Konsep -Prinsip —Implementasi. Bandung; Pustaka Setia

Salinan Permendikbud 146 tahun 2014. Kurikulum PAUD; Jakarta;Direktorat Jenderal PAUD

---------------. Menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran PAUD K13 https://www.paud.id/2015/04/menyusun-rencana-kegiatan-pembelajaran-paud-k13.html) (diakses 26 September 2019)




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand