Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini

Nur Amini, Suyadi Suyadi

Abstract


Kartu kata bergambar ialah sebuah media pembelajaran yang berisi perpaduan antara kata serta gambar yang ada disekitar anak-anak seperti gambar hewan, buah-buahan dan sayuran. Kartu kata bergambar ialah alat bantu pembelajaran yang disukai anak-anak karna memiliki warna-warna mencolok serta gambar-gambar yang menarik untuk anak usia dini. Selanjutnya kosakata ialah sekumpulan kata yang dikuasai seseorang yang digunakan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang dipakai merupakan penelitian kepustakaan (library research), dimana penelitian dilakukan di sebuah ruangan perpustakaan untuk mencari dan mengkaji sebuah data atau informasi baik berupa buku, surat kabar, jurnal, koran serta mediainformasi cetak lainnya. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang akan dipakai ialah metode dokumentasi. Yakni sebuah metode pengumpulan data yang dilakukan melalui membaca buku, surat, pengumuman, ikhtiar rapat, pernyataan tertulis atau sebagainya. Selanjutnya penulis menggunakan teknik content analysis sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini. Teknik content analysis adalah sebuah teknik analysis data yang memiliki tujuan untuk mengambil keputusan atau sebuah kesimpulan melalui cara menganalisis karakteristik tertentu melalui ide pokok dari sebuah teks secara terstruktur serta apa adanya.


Keywords


Kartu kata bergambar, kemampuan kosakata, anak usia dini

Full Text:

PDF (bahasa)

References


Astuti Dwi Irenaningtyas dan Ratna Wulan (2004) ‘Perbedaan Penguasaan Kosakata Anak Pra- Sekolah’, (2), pp. 92–93.

Aulia, Y. dan P. (2020) ‘MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KATA MELALUI PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR BERBENTUK JENDELA DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA LUBUK BEGALUNG PADANG’, Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 2(3).

Ayu, D., Mirah, S. and Astuti, T. P. (2008) ‘Pengaruh Metode Membaca Bersama terhadap Peningkatan Pemahaman Kosa Kata pada Anak-anak Usia Dini yang menjadi siswa-siswi TK A’, p. 1.

Firdaus, P. H. (2019) ‘Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf’, (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), pp. 66–73. doi: 10.15575/japra.v2i1.5313.

Halimatonsakdiah (2016) ‘Pengembangan Kemampuan Kognitif Tentang Konsep Berhitung APE Flashcard Di Tk Hubbul Wathan Lamteuba Kecamatan Seulimeuma Aceh Besar’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No1.

Handayani, S. (2014) ‘UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUCAPKAN KOSA KATA DENGAN KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH KUNCEN DELANGGU’, Applied Microbiology and Biotechnology, pp. 1–11. doi: 10.1016/j.bbapap.2013.06.007.

Hartawan, I. M. (2018) ‘Pengaruh Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B Di Tk Nurus Sa’adah 03 Kecamatan Ledekombo Kabupaten Jember’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia.

Heryani, P. S. R. dan T. (no date) ‘Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosakata’, JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI, 8(1), pp. 101–110.

Inten, D. N. (2018) ‘Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini melalui Puisi Lagu Anak’, Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). doi: 10.29313/ga.v2i2.4437.

Markus, N., Kusmiyati, K. and Sucipto, S. (2017) ‘Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun’, Fonema, 4(2), pp. 102–115. doi: 10.25139/fonema.v4i2.762.

Rahmawati, L. N. M. (2018) ‘Model Pembelajaran Langsung Bermedia Word Wall Terhadap Pemahaman Kosakata Anak Tunarungu Kelas I Di Sdlb-B.’

Sukma, I. (2016) ‘Peningkatan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar pada Anak Usia 5- 6 Tahun’, (1), pp. 1–10. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Sustini, E. (no date) ‘Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Membaca Anak Usia Dini’, UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA, pp. 10–16.

Tanjung, R. J. (2018) ‘Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Sabang’, Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), pp. 319–327.

Ulfah, S. dan M. (2017) Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Vortuna, D., Ratiyah and Syafdaningsih (2018) ‘Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf pada Kelompok B4 TK Negeri Pembina 1 Palembang Tahun Ajaran 2018/2019’, Jurnal Tumbuh Kembang, 5(2), pp. 1–13.

Yasbiati, Pranata, O. H. and Fauziayah, F. (2017) ‘PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA SUNDA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI TK PGRI CIBEUREUM’, Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), p. 24.

Yohana, M. and Laeli, K. (no date) ‘Bercerita dengan Gambar untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini’, Edukasii: Jurnal Peneltan & Artkel Penddkan, pp. 7–12.




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats