UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA ANAK MELALUI PERMAINAN OUTBOUND ESTAEFT BOLA BOCOR PADA KELOMPOK B TK MARDISIWI II TUKSONGO TAHUN AJARAN 2015/2016

Nurul Fatiyah, Agung Prasetyo

Abstract


Fakta di lapangan menunjukan bahwa anak ketika melakukan kegiatan permainan anak masih asyik dengan dunianya sendiri, anak masih memiliki sifat menang sendiri serta anak akan cuek dengan teman yang lain terlihat pada saat anak sedang bermain dalam kelompok namun banyak anak yang masih bersifat individual saat bermain. Hal ini menunjukan bahwa kerjasama anak masih rendah. Dalam kegiatan belajar mengajar di taman kanak-kanak khususnya melalui permainan akan membantu dalam meningkatkan kemampuan kerjasama anak. Permainan tersebut salah satunya melalui permainan outbound estafet bola bocor yang memberi kesempatan kepada anak untuk kemampuan kerjasama. Tujuan perbaikan ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama anak didik kelompok B TK Mardisiwi II Tuksongo melalui permainan outbound estafet bola bocor. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian tindakan kelas ini adalah anak didik kelompok B TK Mardisiwi II Tuksongo yang berjumlah 24 anak, yang terdiri dari 16 anak didik laki-aki, dan 8 anak didik perempuan. Hasil penelitian peningkatan kemampuan kerjasama yang belum mencapai indikator keberhasilan dan termasuk dalam ketegori tinggi pada siklus I yaitu dari 24 anak didik, 8 anak (33 %) mendapat nilai tinggi pada siklus II hasil peningkatan kemampuan kerjasama anak didik telah mencapai indikator keberhasilan termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 19 anak didik (79%) yang mendapat nilai tinggi. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa kemampuan kerjasama anak pada kelompok B TK Mardisiwi II Tuksongo mengalami peningkatan melalui permaian outbound estafet bola bocor. Saran yang diajukan dalam peneliti ini yaitu: (1) bagi anak, agar lebih termotivasi dan semangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, terutama kegiatan pembelajaran permainan outbound estafet bola bocor karena permaian ini sangat menyenangkan, dan menarik; (2) bagu guru, penerapan permainan outbound estafet bola bocor merupakan salah satu cara alternatif yang perlu digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak. Dalam pelaksaan pembelajaran dilakukan secara menyenangkan dan menarik sehingga anak didik antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v4i2%20Oktober.817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand