Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Glenn Doman Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Cahaya Ibu Bergas Tahun Ajaran 2017/2018
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah belum tercapainya kemampuan membaca pada anak usia dini. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode klasik dalam pengenalan huruf ataupun kata. Jenis penilitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Populasi penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun pada PAUD Cahaya Ibu Bergas Tahun Ajaran 2017/2018. Sample yang diambil adalah 19 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Data dalam penelitian ini di dapat dari observasi dan dokumentasi.Hasil kemampuan membaca anak pra tindakan yaitu 1 anak yang dapat menyebutkan beberapa kata dengan baik atau 5,26% (kurang) dari 19 anak. Kemudian pada siklus I berjumlah 15 anak anak atau 58% (cukup) dari 19 anak. Dan pada Siklus II mengalami kenaikan dan telah mencapai indiator keberhasilan termasuk dalam kondisi yang baik dengan jumlah 16 anak yang mendapat nilai baik atau 89% (baik). Pada hasil observasi ini dapat dikatakan pada penelitian ini berhasil sehingga tidak diperlukan siklus lanjutan yaitu Siklus III. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas kemampuan membaca melalui Metode Glenn Doman dapat disampaikan bahwa metode ini dapat dijadikan sebagai alternatif guru dalam meningkatkan kemampuan membaca anak dalam pengajaran pada anak.
Kata Kunci: Membaca, Glenn DomanFull Text:
PDF (Bahasa)References
Arikunto, Suharsimi, dkk.2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Baroroh, Ensy. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Menggunakan Media Kartu Bergambar Pada Kelompok B Di TK PKK Marsudisiwi Gunung Kelir, Pleret Bantul.Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Jogjakarta.
Carol Seefeldt & Barabara A.Wasik. 2008. Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah Edisi Kedua. New Jersey: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca.Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Dhieni, Nurbiana dkk.2014. Metode Pengembangan Bahasa. Banten: Universitas Terbuka.
Doman, Glenn J. 2006. How to teach your baby to read: the gentle revolution. New York: Kaleido Graphics Service Group, Inc.
Musthafa, Fahim. 2005. Agar Anak Anda Gemar Membaca.Bandung: Penerbit Hikmah.
Patmonodewo, Soemiarti. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah.Jakarta: Rineka Cipta.
Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar Edisi Kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ramdani,Izul & Idris,Meity H. 2015. Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini.Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: PT.Indeks.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Waraningsih, Tri Lestari. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di TK Sulthoni Ngaglik Sleman Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Jogjakarta.
Widyastui, Ana.2017. Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Wulandari, Febrian Wahyu. 2017. Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B RA Ruppi Legundi Planjan Saptosari Gunung Kidul Yogyakarta.Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Jogjakarta
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4644
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats