Penggunaan Media Permainan Bola Angka Terhadap Kemampuan Mengenalkan Konsep Bilangan 1-10 pada Anak

Fathor Rozi, A. Faizul Mubarak, Humaidah Humaidah

Abstract


Abstract

This study aims to analyze the use of number ball media in the potential level of understanding the concept of numbers 1-10 in early childhood. The method used is a qualitative approach with the type of case study. Data collection techniques through observation, indeph interview. This research was conducted at the Hidayatul Muttaqin PAUD institution, Talkandang, Kotaanyar, Probolinggo, to get a direct picture of the researchers conducting observations and interviewing the principal and teachers of PAUD Hidayatul Muttaqin. The research results show that; First, PAUD Hidayatul Muttaqin has applied the number ball game media in the introduction of the concept of numbers. Second, the implementation is carried out in several ways, namely; preparation, presentation and evaluation. Implications obtained from the use of number ball media; children can distinguish, pronounce, show, arrange number symbols and group number symbols through the use of number ball games by themselves without the help of friends.

Keywords:Number Ball Game Media; Number Concept; Early Childhood

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis pemakaian media bola angka dalam tingkatan potensi memahami konsep bilangan 1- 10 pada anak usia dini. Metode yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis study kasus. Tehnik pengumpulan data melalui cara observasi, indeph interview. Penelitian ini dilakukan pada lembaga PAUD Hidayatul Muttaqin, Talkandang, Kotaanyar, Probolinggo, untuk mendapatkan gambaran langsung peneliti mengadakan observasi dan menginterview kepala sekolah dan guru PAUD Hidayatul Muttaqin. Hasil riset menampilkan bahwa; pertama, PAUD Hidayatul Muttaqin telah menerapkan media permainan bola angka dalam pengenalan konsep bilangan. Kedua, penerapan dilakukan dengan beberapa cara yaitu; preparation, presentation dan evaluasi. Implikasi yang didapat dari penggunaan media bola angka; anak bisa membedakan, melafalkan, menunjukkan, menyusunkan lambang bilangan dan mengelompokkan lambang bilangan melalui penggunaan permainan bola angka dengan sendirinya tanpa bantuan temannya.

Kata kunci: Media Permainan Bola Angka, Konsep Bilangan, Anak Usia Dini


Keywords


Media Permainan Bola Angka, Konsep Bilangan, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Amalia, A., Syaodih, H. E., & Gustiana, A. D. (2019). Meningkatkan Penguasaan Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Media Puzzel. Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(02), 76–89.

Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 104–114.

Ariani, N., Novianti, R., & Febrialismanto. (2020). Pengaruh Permainan Number Ball Race Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Cendana Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–11.

Baharun, H., Muali, C., Mushfi, M., Iq, E., Rozi, F., Rodiah, N., … Aminah, S. (2021). Learning Strategies for Mobile-Assisted Seamless Learning : A Students ’ Initial Perceptions. 536(Icsteir 2020), 557–560.

Baharun, H., Zamroni, Amir, & Saleha, L. (2021). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395.

El Iq Bali, M. M., Firdaus, S., Wijaya, M., Al Mursyidi, R. A., Haqiki, M. W., & Abidin, Z. (2020). Learning management; identifying learning styles of language learners in madrasah. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, (August), 3783–3790.

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133.

Fitriyanti. (2015). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1 – 10 Dengan Media Gambar Asosiatif Di Kelompok B Tk Budi Rahayu.

Hartini, P. (2012). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Media Permainan Memancing Angka Di Taman Kanak-Kanak Fathimah Bukareh Agam. Jurnal Pesona PAUD, I(1), 1–10.

Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Di Kota Metro Lampung. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20–40.

Humaidah. (2020). Interview.

Indriasih, A., & Jamaludin. (2017). Penerapan Permainan Berbasis Kecerdasan Majemuk Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 124–140.

Isabella Hasiana, A. W. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131–138.

Iswanti. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Memasangkan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 08(02), 391–400.

Maragustam. (2017). Matematika untuk Anak ( Penalaran dan Bimbingan Permainan ). Jurnal Pendidikan, 2(2), 329–358.

Nurbaeti. (2020). Efektivitas Permainan Bowling Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok A Ra Nahdlatul Fataa Desa Astanamukti Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon.

Primaningsih, N., & Purwanti, H. (2017). Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar Dalam Mengenal Konsep Bilangan Usia 5-6 Tahun Di Tk. Jurnal Pendidikan Anak, 1–11.

Purnamasari, R., & Ningrum, M. A. (2018). Pengembangan Media Panda Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Warna Primer Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 08(02), 1–5.

Rahman, T., Sumardi, & Fuadatun, F. (2017). Peningkatan kemampuan anak usia dini mengenal konsep bilangan melalui media flashcard. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 118–128.

Roliana, E. (2018). Urgensi Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 417–420.

Sari, D. P., Sofia, A., & Fatmawati, N. (2019). Pengenalan Lambang Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 124–133.

Setyowahyudi, R. (2020). Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 17–35.

Siswanto, D. (2017). Learning Methodology for Early Child Education Education (Paud) in the Recognition of Legal Capitals based on Android. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 97(12), 1–5.

Sumardi, Taopik Rahman, I. S. G. (2017). Peningkatan kemampuan anak usia dini mengenal lambang bilangan melalui media playdough. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 190–202.

Syam, A. F., & Damayanti, E. (2020). Capaian Perkembangan Bahasa Dan Stimulasinya Pada Anak Usia 4 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 71–88.

Uyun, D. (2020). Interview.

Wahid, A. H., Rozi, F., Baharun, H., Hidayati, W., & Bon, A. T. (2021). Information Technology in the Development of Language Aspects of Early Childhood. Proceedings of the 11th Annual International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 6(1), 1–7.

Wahyuni, D. I. (2020). Interview.

Widat, F., & Efanadari, E. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Usia Dini. Murobbi; Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 128–142.

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2021). Alat Permainan Edukatif: Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654–664.




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.8339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand