Penggunaan Media Permainan Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

Navisah Meuthia, Suyadi Suyadi

Abstract


Abstract

During the golden age, early childhood needs to be given a stimulus according to the stage of early childhood development, where at this stage the child experiences strong abilities in all aspects of development, one aspect of cognitive abilities. This study aims to determine the use of dice game media to improve early childhood cognitive abilities. This research uses descriptive qualitative research. The subjects of this study were children aged 4 to 5 years at TK Alif Surabaya. While the object of this research is the dice game media to improve children's cognitive abilities. The data collection techniques of this research are observation, interview, and documentation. By implementing the steps: 1) Preparing media and material to be conveyed to students. 2) The educator asks the child to sit in a circle, then the educator shows the dice game media, explains the material, explains the rules of play, how to play, where each child will roll the dice, then mentions the picture or number printed on the dice. 3) Evaluation, based on the results of observations made at TK Alif Surabaya, at the end of the learning activity, educators conduct an evaluation to review the learning that has been implemented.

Keywords: Cognitive abilities, Dice game 

Abstrak

Pada masa golden age, anak usia dini perlu diberikan stimulus yang disesuaikan dengan berkembangnya potensi anak. Pada tahap perkembangan anak, kemampuan kognitifnya sangat baik. Dengan sebab itu, peneltian ini dilakukan melalui permainan dadu demi meningkatkan aspek kognitif anak usia dini. Penelitian ini besifat peneltian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian yaitu anak TK Alif Surabaya yang berumur 4 sampai 5 tahun. Sedangkan ubtuk objek ialah media permainan dadu untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Informasi datanya dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Langkah-langkah yang diterapkan: 1) Menyiapkan media serta materi yang akan diajarkan ke siswa. 2) Anak diminta duduk melingkar, lalu media permainan dadu di tunjukkan pendidik untuk digunakan pada pembelajaran, materi dijelaskan, menjelaskan aturan bermain, cara bermain yaitu setiap anak akan melempar dadu, kemudian menyebutkan gambar atau angka yang tertera pada dadu. 3) Evaluasi, terkait dengan hasil observasi di TK Alif Surabaya, pada akhir kegiatan pembelajaran bertujuan mengkaji kembali pelakasanaan proses pembelajaran.

Kata kunci: Kemampuan kognitif, Permainan dadu.


Keywords


Kemampuan kognitif, Permainan dadu.

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2010. In Manajemen Penelitian.

haditono. (1999). Psikologi Perkembangan Pengantar dalam berbagai Bagiannya. gadjah mada university press.

Lathif, M. (2013). orientasi baru pendidikan anak usia dini. Kencana.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. PT. Gramedia.

Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.

Sujiono. (2010). Metode Pengembangan Kognitif. In Jakarta : Universitas Terbuka.

Artikel dalam Jurnal:

Aft, Sulis. (2018). meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan permainan ludo. Journal on Early Chilhood, 1, 53.

Filtri Helena, S. A. K. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 171.

Melynda Kurniawati. (2019). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DADU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK BINA VITA PALEMBANG. Pernik Jurnal PAUD, 2, 2.

Nur, M., & Widiyatmoko, F. A. (2019). Implementasi Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keaktifan Gerak Siswa. Jendela Olahraga, 4(1), 61–65. https://doi.org/10.26877/jo.v4i1.3028

ratih cahyani, suyadi. (2018). Konsep Pendidikan Anak Usia DiniMenurut Ki Hadjar Dewantara. GOLDEN AGEJurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3, 224.




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.8905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand