KARAKTER PEDULI SOSIAL ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI DIVA THE SERIES

Amalia Nurbaiti, Supriyono Supriyono, Heru Kurniawan

Abstract


 Abstract

This study examined The Series Animated Film Diva from the aspect of social care characters for early childhood. The goal of the study was to find socially caring characters in the animated film Diva The Series. The method used in this study is library research. Researchers reviewed and analyzed the contents of the animated film Diva The Series as a data source from the character aspect of social care.  The result of his research is that the character of social care in the animated film Diva The Series consists of: (a) empathy social care that is social care related to the attitude of someone who seems to feel what is felt by others, (b) social care cooperation is social care related to efforts made together to achieve certain goals, (c) social care please help that is social care related to the behavior of helping others who need help without expecting reward. From here, the socially caring characters in the animated film Diva The Series correspond to the development of early childhood social attitudes.

Keywords: Social Care Characters, Animated Movies, and Early Childhood.


                                                               Abstrak           

Penelitian ini mengkaji Film Animasi Diva The Series dari aspek karakter peduli sosial untuk anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan karakter peduli sosial dalam film animasi Diva The Series. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Peneliti mengkaji dan menganalisis isi dari film animasi Diva The Series sebagai sumber data dari aspek karakter peduli sosial.  Hasil dari penelitiannya adalah karakter peduli sosial di dalam film Animasi Diva The Series terdiri atas: (a) peduli sosial empati yaitu peduli sosial kaitannya dengan sikap seseorang yang seolah-olah merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, (b) pedulii sosial kerjasama yaitu peduli sosial yang kaitannya dengan upaya yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu, (c) peduli sosial tolong menolong yaitu peduli sosial yang kaitannya dengan perilaku menolong orang lain yang membutuhkan bantuan tanpa mengharapkan imbalan. Dari sinilah, karakter peduli sosial dalam film animasi Diva The Series sesuai dengan perkembangan sikap sosial anak usia dini

Kata Kunci: Karakter Peduli Sosial, Film Animasi, dan Anak Usia Dini.


Keywords


Social Care Characters, Animated Movies, and Early Childhood.

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


A. Tabi’in. 2017. “Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial.” Jurnal Ijtimaiya 01 (01).

Agung, Putry, Yulistyas Dwi Asmira. 2018. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Metode Bermain Peran Di TK Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung.” Jurnal Caksana_Pendidikan Anak Usia Dini 01 (02). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.195

Bahri, Idik Saeful. 2020. Perlindungan Upah Bagi Pekerja Badan Usaha Milik Desa. Yogykarta: Bahasa Rakyat.

Fauzi. 2021. Menguatkan Peran Pendidikan Keluarga. Purwokerto: Stain Press.

Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hartati Aluh, dan Haeratunnisa. 2019. “Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Perilaku Menolong Pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 5 Mataram.” Jurnal Realita 04.

Hutami, Dian. 2020. Pendidikan Karakter Kebangsaan Untuk Anak: Peduli Lingkungan Dan Peduli Sosial. Yogyakarta: Cosmic Media Nusantara.

Koesoema, Doni. 2015. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

McDonald, Kelly. 2010. Cara Bekerja Sama Dan Memimpin Orang. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nursalim, Muhammad Nawir, Suardi, Hasnah K. 2020. Model Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. AA. Rizky.

Rosidatun. 2018. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Communication.

Samrin. 2016. “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai).” Jurnal Al-Ta’dib 09 (01)

Sari, Milya, Asmendri. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science.” Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA. 10.15548/nsc.v6i1.1555

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syafrudin, Chabib. Wahyu Pujiyono. 2013. “Pembuatan Film Animasi Pendek ‘Dahsyatnya Sedekah’ Berbasis Multimedia Menggunakan Teknis 2D Hybrid Animation Dengan Pemanfaatan Graphic.” Jurnal Sarjana Teknik Informatika 01 (01). http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3538

Umar, Sidiq dan Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan. Ponorogo: IAIN Ponorogo Press.

Wallur, Verra. 2010. Mengoptimalkan Kepedulian Sosial Masyarakat. Jakarta: Grasindo.

Yaumi, Muhammad. 2016. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, Dan Implementasi. Jakarta: Prenada.




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.9318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats