Analisis Media Montase Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Abstract
The fine motor development of children aged 4-5 years which researchers found has not developed according to the stages. Inadequate media facilities for children so that children have difficulty in developing fine motor skills. Media is a tool in the learning process. Montage media is a tool used in learning in the form of creating new images from several combinations of existing images and then combining them on a new page to make a new, more imaginative work. Montage media is used because it has many benefits, especially children aged 4-5 years, children can develop well and optimally. This study aims to examine and understand the montage media in the motor development process of children aged 4-5 years. The method used in the research uses descriptive methods, qualitative approaches through literature study techniques. The findings in previous studies that examined the montage media in children's fine motor development. The results of this study are the results of a descriptive analysis of the journals studied suggesting that the montage media is very influential on the fine motor development of children aged 4-5 years. From all the journals studied, it showed significant results, namely that the motase media could increase the potential for fine motor development of children aged 4-5 years.
Keywords: Montage Media, Development, Fine Motor.
Abstrak
Perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun yang peneliti temukan belum berkembang sesuai dengan tahapannya. Fasilitas media yang kurang memadai bagi anak sehingga anak mengalami kesulitan dalam mengembangkan motorik halusnya. Media merupakan alat bantu dalam proses berlangsungnya pembelajaran. Media montase merupakan alat yang digunakan dalam pembelajaran berupa menciptakan gambar baru dari beberapa gabungan gambar yang sudah ada kemudian digabungkan pada halaman baru menjadikannya karya baru yang lebih imajinatif. Media montase digunakan karena memiliki banyak manfaat terutama anak usia 4-5 tahun, anak dapat berkembang dengan baik dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti serta memahami media montase dalam proses perkembangan motorik anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode deskriptif, pendekatan kualitatif melalui teknik studi literature. Temuan dalam penelitian terdahulu yang dikaji mengenai media montase dalam perkembangan motorik halus anak. Hasil penelitian ini yaitu adanya hasil analisi deskriptif mengenai jurnal yang dikaji mengemukakan bahwa media montase sangat berpengaruh terhadap perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Dari seluruh jurnal yang dikaji, menunjukkan hasil yang signifikan yaitu media motase dapat meningkatkan potensi perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun.
Kata kunci: Media Montase, Perkembangan, Motorik Halus.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa)References
Aghnaita. (2017). Perkembangan Fisik Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no.137 Tahun 2014 (kajian konsep perkembangan anak). (Jurnal). UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Agustina, S., M. Nasirun., & Delrefi, D. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Dengan Barang Bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24-33.
Andini, N. S., & Hasibuan, R. (2016). Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, 5(3). 20-24.
Ayusari, N. 2017. Keterampilan Montase.Yogyakarta: INDOPUBLIKA
Birohmatik, M. N, dkk. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggambar Teknik Montase Pada Anak Kelompok B Ra As-Syafi’iyah Juwiring Klaten Tahun 2015/2016. Jurnal Kumara Cendekia, 7(1), 61-68.
Dewi, N. K. & Surani. (2018). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Seni Rupa. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 190-195.
Faizah, S.N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendididkan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1 (2), 2579-6259.
Isnarto, dkk. (2017). Pengembangan Laboratorium Media Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Sekolah. Jurnal profesi Keguruan, 3 (2), 244-252.
Karela, Y, dkk. (2020). Rancangan Kegiatan Montase Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 92-97.
Maulinda, R., dkk. (2020). Analisis Kemampuan Mengelola Emosi Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Riview). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 300- 313.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukminin, M. A,. & Suryana, D. (2019). Pengaruh Montase Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Assyofa Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1619-1626.
Munawara, R. Hubungan Kegiatan Montase Dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B1 Tk Alkhairaat Tondo Palu. (Jurnal). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Rahayu, S., & Mas’udah. (2017). Penerapan Kegiatan Montase Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A Di TK Al Wardah Peterongan Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 6(3), 1-7.
Sujiono, N. Y. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: Permata Putri Media.
Sundayana, I. M, dkk. (2020). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah 4-5 Tahun Dengan Kegiatan Montase. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(2), 446-455.
Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30-44.
Taznidaturrohmah, Y. E, dkk. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita Dinoyo 01 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 20-26.
Trianto. (2014). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi anak usia dini TK/RA & Usia kelas awal SD/MI.Jakarta: Kencana
Yulianto, D., & Titis, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Kelompok B RA Al-Hidayah Nanggungan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal PINUS, 2(2), 118-123.
Yuliastri, N.A., & Sandy, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 44-58.
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9328
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats