Program Parenting SOS (Sekolah Orang Tua Santri) Di TK Ihya Assunnah Tasikmalaya

Faza Tsamrotul Apipah, Rika Nurhayati, Zahira Auladina Solihah, Gina Khaerunnisa, Purwati Purwati, Heri Yusuf Muslihin

Abstract


Abstract

In an effort to stimulate the growth and development of early childhood, of course,  its not only the task of educators in school institutions, but the importance of the involvement of parents and teachers in optimizing the growth and development of early childhood and aligning parenting styles in early childhood. The purpose of this study was to find out about the parenting program held at TK Ihya Assunnah Tasikmalaya. The research method used is a qualitative research method, describes the research results descriptively. Data collection techniques using the method of observation, interviews, and documentation. The results of this study are the parenting program held at Ihya Assunnah Kindergarten is SOS (Santri Parents School). The program is implemented through tiered training attended by parents and those involved in the childcare process. This program can be implemented through the stages of planning, implementation, evaluation, and follow-up. This parenting program, parents know more about and apply appropriate parenting patterns, how to stimulate children, and parents are more cooperative towards the programs held at Ihya Assunnah Kindergarten. With the existence of the SOS parenting program, it is hoped that it can increase parental awareness regarding the importance of parental involvement in early childhood education.

Keywords: parenting programs; parent involvement; early childhood

Abstrak

Dalam upaya menstimulasi tumbuh kembang anak usia dini tentunya tidak hanya tugas pendidik di lembaga sekolah, tetapi pentingnya keterlibatan orang tua dan guru dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini dan menyelaraskan pola asuh pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program parenting yang diselenggarakan di TK Ihya Assunnah Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu menjabarkan hasil penelitian secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu program parenting yang diselenggarakan di TK Ihya Assunnah disebut dengan SOS atau Sekolah Orang Tua Santri. Program tersebut dilaksanakan melalui pelatihan berjenjang yang diikuti oleh orang tua maupun pihak yang terlibat dalam proses pengasuhan anak. Program ini dapat terlaksana melalui adanya tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Dengan adanya program parenting tersebut, orang tua lebih mengetahui dan menerapkan pola pengasuhan yang tepat, cara menstimulasi anak, serta orang tua lebih kooperatif terhadap program yang diselenggarakan di TK Ihya Assunnah. Dengan adanya program parenting SOS ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran orang tua mengenai pentingnya keterlibatan orang tua pada pendidikan anak usia dini.

Kata kunci: Program Parenting; Keterlibatan Orang Tua; Anak Usia Dini.


Keywords


parenting programs; parent involvement; early childhood.

Full Text:

PDF

References


Daflora, R., & Jaya, R. P. (2019). Analisis Pemahaman Orang Tua Siswa Akan Keterlibatannya Dalam PAUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 10–19. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4606

Erlanti, M. S., Mulyana, N., & Wibowo, H. (2016). Teknik Parenting Dan Pengasuhan Anak Studi Deskriptif Penerapan Teknik Parenting Di Rumah Parenting Yayasan Cahaya Insan Pratama Bandung. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.13686

Febyaningsih, E., & Nurfadilah, N. (2019). Pelaksanaan Program Parenting Di Raudhatul Athfal Permata Assholihin. Jurnal Audhi: Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif, 1(2), 70–77. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.569

Fitroh, S. F., & Sawitri. (2019). Peran orang tua dalam kegiatan parenting guna mengembangkan kecerdasan spiritual anak di sekolah (studi kasus pada ibu dari anak usia 5-6 tahun di tk ulil albab kamal). Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1), 1–7.

Guna, M. S. R., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Mahasiswa Pria Etnis Sumba Di Salatiga. Psikologi Konseling, 14(1), 340–352. https://doi.org/10.24114/konseling.v14i1.13731

Hari, H. (2014). Pola Pengasuhan Keluarga Dalam Proses Perkembangan Anak. Sosio Informa, 19(200), 284–300.

Hariawan, R. (2018). Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 1(1).

Ismiati. (2010). Urgensi Program Parenting bagi Orang Tua Anak Usia Dini (Studi Deskriptif pada TK IT Permata Sunnah Banda Aceh). 3(4), 12–69.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pengasuhan Positif.

Koyimah, S., & Kusumaningtyas, N. (2017). Penanaman Sikap Disiplin Anak Melalui Program Parenting di PAUD Tunas Jaya Kecamatan Semarang Utara. PAUDIA : Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 46–63.

Kurniasari, D., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). Pola Asuh Orang Tua pada Anak yang Berperilaku Agresif (Studi Deskripsi Kuantitatif di TK Tunas Harapan Sawah Lebar Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1–6.

Kurniawaty, I., Purwati, P., & Faiz, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Education and Development, 10(3), 496–498.

Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua Di Paud. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8–17. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1064

Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia: PGPAUD FKIP Universitas Bengkulu, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526

Purwati, & Japar, M. (2017). Optimalisasi Perkembangan Potensi Melalui Pembentukan Karakter di TPA Teman Anak. Urecol, 45–52.

Purwati, P., & Faiz, A. (2023). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sumber Daya Manusia yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 1032–1041.

Purwati, P., & Japar, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Orang Tua Dalam Pengembangan Moralitas Anak Melalui Modelling Di Paud Desa Layak Anak. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 80–85. https://doi.org/10.37541/celebesabdimas.v2i2.484

Ruli, E. (2020). Tugas dan Peran Orang Tua dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146.

Ulfah, M. (2018). Program Parenting di Taman Kanak-kanak Se-Kecamatan Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Widiyono, A. (2021). Implementasi Parenting Berkala Untuk Menumbuhkan Kelekatan Anak Di Kb Permata Kita Kudus. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 310–320. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9499

Yeni Lestari, N. G. A. M. (2019). Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua Di Paud. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1064




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rika Nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats