Batik dan Media Pembelajaran: Upaya Melestarikan Budaya Lokal Dusun Giriloyo Desa Wukirsari Kapanewon Imogiri Bantul

Siti Zubaedah, Utami Nur Hidayah

Abstract


Abstract

Batik plays an important role in Indonesia's national identity as a unique tradition. Therefore, it is important to introduce batik to children from an early age to preserve this cultural heritage. This study aims to identify how to introduce batik as a cultural learning tool for children and to understand the cultural elements, community participation, and supporting factors/barriers in introducing batik. This is a descriptive-qualitative study involving batik introducers, managers, guides, and young children. Data were collected through observation, interviews, and documentation, and then analyzed through data reduction, presentation, verification, and validation through triangulation. The results showed that introducing batik requires careful planning, implementation, and evaluation. Batik encompasses six universal cultural elements and involves the community in preserving local culture sustainability. The activity was positively received by children and supported by parents, comfortable and safe locations, adequate facilities, and friendly communities. However, some participants arrived late due to pandemic restrictions, and only a few children from each village were able to participate.

Keywords: Batik; Early Childhood; Learning Media; Local Culture

Abstrak

Batik memainkan peran penting dalam identitas nasional Indonesia sebagai tradisi khasnya. Oleh karena itu, penting untuk memperkenalkan batik sejak dini kepada anak-anak agar dapat mempertahankan warisan budaya tersebut. Studi ini bertujuan untuk mengetahui cara mengenalkan batik sebagai alat pembelajaran budaya bagi anak-anak, serta untuk memahami unsur-unsur budaya, partisipasi masyarakat, dan faktor pendukung dan penghambat dalam memperkenalkan batik. Studi ini merupakan jenis deskriptif-kualitatif yang melibatkan pengantar batik, pengelola, pemandu, dan anak muda. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan kemudian dianalisis melalui reduksi, penyajian, verifikasi, dan validasi melalui triangulasi. Hasil studi menunjukkan bahwa memperkenalkan batik membutuhkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang matang. Batik mencakup enam unsur budaya universal dan melibatkan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan budaya lokal. Kegiatan ini direspons positif oleh anak-anak dan didukung oleh orang tua, lokasi yang nyaman dan aman, sarana dan prasarana yang memadai, serta masyarakat yang ramah. Namun, beberapa peserta datang terlambat karena pembatasan pandemi, dan hanya sedikit anak dari setiap desa yang dapat berpartisipasi.

Kata kunci: Batik; Anak Usia Dini; Media Pembelajaran; Budaya Lokal


Keywords


Batik;Early Childhood, Learning Media;Local Culture

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Fakultas Tarbiyah, D., Imam, I., & Padang, B. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/JT.V19I3.55

Fransisca Anggraeni Suriantoso, O., Made Ayu Suryaningsih, N., & Endah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ekonomika dan Humaniora, C. P. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Permainan Playdough Pada Anak Kelompok Bermain Di Paud Tegaljaya. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1).

Hardi, M., & Dra. Umrotum, M. S. (2019). Analisis Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Mangunan di Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. https://doi.org/https://doi.org/10/10.%20Lampiran.pdf

HENDI BRAMANTA, N. 10481019. (2016). Upaya Guru Dalam Melestarikan Nilai Kebudayaan Lokal Dalam Mata Pelajaran Batik Kelas Iv Di Mi Ma’arif Giriloyo I Imogiri Bantul.

HIDAYAH, A. N. (AFIFAH). (2013). Peningkatan Kecerdasan Spiritual Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 85–108. https://www.neliti.com/publications/117758/

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi.

Loeziana Uce. (2017). The Golden Age : Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92.

Mahmudah, M. (2008). Fungsi permainan dalam meningkatkan kreativitas belajar anak: Studi kasus di TA Ashabul Kahfi Malang.

Mahmudah, U. D., Iftitah, A., & Alfaris, M. (2022). Efektivitas Penerapan Pasal 7 Undang-Undang Perkawinan Nomor 16 Tahun 2019 dalam Upaya Meminimalisir Perkawinan Dini. Jurnal Supremasi, 12, 44–58. https://doi.org/10.35457/SUPREMASI.V12I1.1838

Oktiani, I., Nurul, M. I., Wnatirta, A., & Brebes, P. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/JK.V5I2.1939

Septiarti, S. W. (2017). Sosiologi dan antropologi pendidikan.

Soedarso. (1998). Seni LukIs Batik Indonesia (Batik Klasik Sampai Kontemporer.

Sopiyatun, E. (2012). Analisis Penggunaan Variasi Media Pembelajaran oleh Guru Fisika dalam Pembelajaran Fisika Materi Pokok Alat Optik pada SMA dan MA di Kecamatan Belik Tahun Pelajaran 2011/2012.

Sudirman, S., Son, A. L., & Rosyadi, R. (2018). Penggunaan Etnomatematika Pada Batik Paoman Dalam Pembelajaran Geomteri Bidang Di Sekolah Dasar. Indonesia Matematic Education, 1(1), 27–34. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2093

Sujamto. (1997). Refleksi Budaya Jawa: Dalam Pemerintahan dan Pembangunan.

Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Obsesi, 5(1), 2356–1327. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601

Wiyani, N. A. (2017). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Bagi Anak Usia Dini Menurut Abdullah Nashih Ulwan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(2), 77–98. https://doi.org/10.21043/THUFULA.V4I2.2009




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.11315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats