Pemetaan Stimulasi Pengembangan Aspek Agama Dan Moral Pada Masa Pandemi

La Hewi, Suni Sundari

Abstract


Abstract

Developmental stimulation of children becomes the task and responsibility of educators. Developmental stimulation in the aspects of religion and morality is one of the developments that must be stimulated. This research aims to analyze the actualization of stimulation of the religious and moral aspects of children, and how to overcome obstacles encountered during online learning in early childhood education institutions in Kendari city. The researcher used a qualitative approach with a phenomenological method to gain in-depth understanding. Interviews and documentation were used as data collection methods. The collected data were then analyzed using an interactive model, where the data analysis stages were data reduction, data presentation, inference, and verification. The results of the study showed that, first, the implementation of stimulation for the religious and moral aspects of children during the pandemic in Kendari city's early childhood education institutions used a combination of online and offline methods (online using WhatsApp group application; offline or face-to-face meetings in school conducted 2 to 3 times a week. The stimulation content was carried out by habituating religious teachings practices such as reading prayers before studying, memorizing daily prayers, and short surahs). Second, obstacles to the stimulation of religious and moral development were overcome by meetings with parents (home visits) to discuss their children's development during the implementation of learning at home.

Keywords: religious and moral value; offline and; online

 

Abstrak

Stimulasi perkembangan anak menjadi tugas dan tanggung jawab pendidik. Stimulasi perkembangan pada aspek agama dan moral merupakan salah satu perkembangan yang harus distimulasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktualisasi stimulasi aspek agama dan moral anak dan cara mengatasi hambatan yang didapatkan pada pelaksanaan pembelajaran daring di lembaga pendidikan anak usia dini di kota Kendari. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam. Wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan model interaktif, dimana tahapan analisis data adalah reduksi data, penyajian data, inferensi dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan stimulasi untuk aspek agama dan moral anak masa pandemi di lembaga PAUD kota Kendari menggunakan kombinasi daring dan luring (daring menggunakan aplikasi grup whatsApp; luring atau tatap muka di sekolah dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. adapun konten stimulasi dilakukan dengan melakukan pembiasaan praktek ajaran agama seperti membaca doa sebelum belajar, menghafal doa-doa harian dan juga surah-surah pendek); kedua, hambatan stimulasi pengembangan agama dan moral diatasi dengan cara pertemuan dengan orang tua siswa (home visit) untuk membahas perkembangan anak selama pelaksanaan pembelajaran di rumah.

Kata kunci: nilai agama dan moral; luring dan; daring

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andreas Putra, A. T., Sufiani, & Jahada. (2020). Transformasi Nilai Pendidikan Islam Anak di PAUD Sultan Qaimuddin Kendari Pada Masa Pandemic Covid 19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 79–90. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.8

Anwar, K. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Pada Matakuliah Renang Program Studi Pendidikan Olahraga. Jendela Olahraga, 7(1), 88–98.

Fauziddin, M. (2016). Pembelajaran Agama Islam Melalui Bermain pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TKIT Nurul Islam Pare Kebupaten Kediri Jawa Timur). JURNAL PAUD TAMBUSAI, 2(2), 8–17.

Fitria, A. N. dan, & Shofa, M. F. (2022). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Di Paud Islam Makarima Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Paudia, 11(1), 473–490. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.11699

Hewi, La, Muh. Saleh dan Wahyuni, R. (2019). Kelekatan (Attachment) Anak Usia Dini di Suku Laut Kabupaten Wakatobi. Jurnal Obsesi, 4(1), 406–415. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.346

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 51–64. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5184

Kebudayaan, K. P. dan. Permen Dikbud Nomor 137 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. , (2014).

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Golden Age, 1(1), 1–16.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Safitri, L. N., & ‘Aziz, H. (2019). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita pada Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 85–96. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-08

Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. JECE (Journal of Early Childhood Education), 1(2), 29–44.

Saleh, A. V., Hudah, M., & Hadi, H. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Jasmani SMA Sederajat Se-Kecamatan Semarang Barat Di Masa Pandemi Covid-19. Jendela Olahraga, 7(1), 11–28.

Salsabila, U. H. dkk. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 127–137.

Santrock, J. W. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Tanfidiyah, N. (2018). Perkembangan Agama Dan Moral Yang Tidak Tercapai Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.1842




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.13685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 La Hewi, Suni Sundari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand