Penerapan Nilai Sosial Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Amal Bakti Di TK Pembina Kota Tasikmalaya

Nuraly Ma'sum Aprily, Putri Chaerunnisa, Rini Handayani, Riska Wulandari, Seli Amalia Kotrunnada

Abstract


Abstract

Early childhood is a social creature. Early childhood understanding of social values will encourage the creation of maturity in children's social branding. Early childhood social understanding is obtained through children's learning to adapt to the surrounding social environment. This study aims to reveal, understand and explain various phenomena that occur in the field based on research data that has been observed regarding social studies learning applied in TK Negeri Pembina. The type of research used is descriptive qualitative, namely a technique that can describe, interpret the meaning of the data that has been attached by paying attention and recording various aspects or situations being studied so that data can be obtained in the form of a general and overall picture of the situation. actually on the ground. The results of the study show that IPS learning has been successfully implemented in the Pembina State Kindergarten. There are daily programs, weekly programs and annual programs. This program can foster a sense of gratitude in children, foster a sense of empathy, cultivate social attitudes, and train children's love for the surrounding environment. In addition, the role of the school is quite good in optimizing the cultivation of social values through charitable activities, so that for the future, educators and related parties can continue to optimize them as a form of support for social development in early childhood.

Keywords: Understanding Development; Social Values; Early childhood

 

Abstrak

Anak usia dini merupakan makhluk sosial. Pemahaman anak usia dini terhadap nilai sosial akan mendorong terciptanya kematangan dalam branding sosial anak. Pemahaman sosial anak usia dini diperoleh melalui belajar anak dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan sosial di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, memahami serta menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi di lapangan berdasarkan data penelitian yang sudah diamati mengenai pembelajaran IPS yang diterapkan di TK Negeri Pembina. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yakni suatu teknik yang dapat menggambarkan, menginterpretasikan arti mengenai data-data yang telah terlampir dengan cara memberikan perhatian serta merekam berbagai aspek-aspek atau situasi yang sedang diteliti sehingga dapat memperoleh data berupa gambaran secara umum dan menyeluruh mengenai keadaan sebenarnya di lapangan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa  pembelajaran IPS sudah berhasil diterapkan di TK Negeri Pembina. Kegiatan tersebut terdapat program harian, program mingguan, dan program tahunan. Dengan program tersebut dapat menumbuhkan rasa bersyukur pada anak, menumbuhkan rasa empati, menumbuhkan sikap sosial, dan melatih rasa cinta anak untuk lingkungan sekitar. Selain itu, peran sekolah sudah cukup baik dalam mengoptimalkan penanaman nilai sosial melalui kegiatan amal bakti, sehingga untuk jangka waktu kedepan, pendidik maupun pihak terkait dapat terus menjalankan pengoptimalannya sebagai bentuk dukungan bagi perkembangan sosial pada anak usia dini.

Kata kunci: Pengembangan Pemahaman; Nilai Sosial; Anak Usia Dini


Keywords


Understanding Development; Social Values; Early childhood

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dewi, S. M. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Rasa Nasionalisme Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Sekolah Dasar, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v3i1.407

Enda Puspita. (2012). Menyusun Perencanaan Pembelajaran AUD. Jurnal Educhild, 01(1), 67–76.

Etivali, A. U. Al, & Kurnia, A. M. B. (2019). Pendidikan pada anak usia dini. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2), 212–236.

Fauzi, F. (2018). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 15(3), 386–402. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552

Hamid, S. I., Anggraeni Dewi, D., Fakhrudin, A. M., Setianingsih, E., & Putri, F. W. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak sebagai Generasi Penerus Bangsa. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 143–149. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.179

Hutabri, E., & Putri, A. D. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian Dan Industri Terapan, 8(2), 57–64. https://doi.org/10.31629/sustainable.v8i2.1575

Indirawati. (n.d.). pendidikan anak usia dini pada masa golden age. 1–19.

Justicia, R. (2017). Jurnal Pendidikan : Early Childhood. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 1(2), 1–10.

Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 459–464. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43

Nasir, M. (2022). Pengendalian Intern Pengelolaan Sumber Daya. 6(2), 55–64.

Rocmah, L. I., & Aulina, C. N. (2015). Modul Laboratorium Pengembangan Pembelajaran Anak Usia Dini.

Santoso, S. T., & Sugiri, W. A. (2022). Proses Adaptasi Perilaku Personal hygiene Pada Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 562–572. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.11519

Silawati, E. (2012). STIMULASI GURU PADA PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA DINI Endah Silawati 1. Cakrawala Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 16.

Soebijantoro, S. (2016). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 1(01), 16–25. https://doi.org/10.25273/pe.v1i01.32

Subur, S., Mufliha, M., Kurniawan, H., & Ali, M. (2022). Pengembangan Pemahaman Nilai Sosial Anak Usia Dini melalui Membaca Nyaring Buku Dongeng Toki si Kelinci Bertopi Karya Tere Liye. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 81. https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.13914

Sukamti, L., & Widiastuti, A. A. (2022). Implementasi Disiplin Positif Oleh Orangtua Dalam Proses Pengasuhan Terhadap Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 532–537. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.12311

Sukmanasa, E. (2016). Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1), 11–24.

Sumbawa, R. O., Munawar, M., & Dewi Sagala, A. C. (2022). Pola Komunikasi Guru Dalam Menstimulasi Kemampuan Hots Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun Di Paud Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 538–547. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.13245

Zemii kaffa, Neviyarni, I. (2021). Analisis Perkembangan Sosial Anak. 5, 2612–2616.




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rini Handayani, seli amalia kotrunada, Nuraly Ma'sum aprily, putri chaerunnisa, riska wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats