Profil Pendidik Pos Paud Kota Semarang Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik dan Profesional
Abstract
ABSTRACT
The majority of POS PAUD teachers in Semarang City mostly have the educational background at the high school level, which is 806 people from 1181 people. This leads to a lack of pedagogic and professional competence. The purpose of the study was to analyze the profile of POS PAUD teachers in Semarang City in terms of pedagogic and professional competence. This study used a mixed method collaborating qualitative and quantitative method. Data collection techniques: documentation, questionnaires, and interviews. The sample was taken as many as 88 teachers and two respondents. Findings: (1). Teachers’ Profile Pedagogical competence: the results of quantitative : having pedagogic competence in the medium category of 77.3%, high category 12.5%, and low competence of 10.2%. These results are reinforced by qualitative analysis: teachers have the necessary knowledge, skills and attitudes, they can design and implement effective learning activities and encourage early childhood development. (2). Professional competence teacher profile: quantitative analysis, that mostly still have moderate professional competence, 81.82%, high and low professional competence 9.09%. Qualitative analysis : teachers must have a strong commitment to ethical and professional standards, including maintaining confidentiality, respecting cultural diversity, promoting social justice, ongoing professional development, and best practice skills in early childhood education.
Keyword: POS PAUD, Competence, Pedagogic, Professional
ABSTRAK
Tenaga pendidik Pos PAUD di Kota Semarang mayoritas memiliki latar belakang pendidikan pada jenjang SMA yaitu sejumlah 806 orang dari 1181 orang. Hal ini menyebabkan kurangnya kompetensi pedagogik dan profesional. Tujuan Penelitian, menganalisis profil pendidik POS PAUD Kota Semarang ditinjau dari kompetensi pedagogik dan profesional. Penelitian ini menggunakan metode campuran antara metode kualitatif dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data: dokumentasi, angket, dan wawancara. Sampel yang diambil sebanyak 88 guru dan responden dua orang. Hasil penelitian: (1).Profil Pendidik kompetensi pedagogi: hasil analisis kuantitatif, disimpulkan bahwa pendidik menunjukkan: memiliki kompetensi pedagogik dalam katagori sedang sebesar 77,3%, katagori tinggi mencapai 12,5 % , dan kompetensi rendah sebesar 10,2%. Hasil ini diperkuat analisis kualitatif: guru memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan, mereka dapat merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif serta mendorong perkembangan anak-anak usia dini. (2). Profil Pendidik kompetensi profesional: hasil analisis kuantitatif, pendidik menunjukkan sebagian besar masih memiliki kompetensi profesional yang sedang yaitu mencapai 81,82 %, kompetensi profesional tinggi maupun rendah mencapai 9,09 %. Sedangkan hasil analisis kualitatif: pendidik harus memiliki komitmen yang kuat terhadap standar etika dan profesional, termasuk menjaga kerahasiaan, menghormati keragaman budaya, mempromosikan keadilan sosial, pengembangan profesional berkelanjutan, dan keterampilan praktik terbaik dalam pendidikan anak usia dini.
Kaca Kunci: PAUD; Kompetensi; Pedagogik; Profesional
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ferdinal L. (2020). Kualifikasi Dan Kompetensi Guru Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. e-ISSN. 2715-4777, Vol.3, No. 3 .2020
Ghozali, Imam. (2016), Konsep dan Analisis dengan Program AMOS 21.5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, A, Munawar M, & Chandra A (2011). Peningkatan Kualitas Pos PAUD melalui pengembangan program holistik integratif. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1, tahun 2011
John W. C. (2021). Apa Itu Mixed Methods Research? Portal Berita, Universitas Pendidikan Indonesia
Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). Inklusi. https://doi.org/10.14421/ijds.050202
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan 2010-2014. (2013). Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . Jakarta: Mendikbud.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhamad, F. (2012). Desain Pembelajaran PAUD, tinjauan teoritik dan Praktik. Jogyakarta: Arruzz Madia
Nurhamida, I. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.17977/um022v3i12018p027
Nurutamil R, Adman. (2016). Kompetensi profesional guru sebagai determinan terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, Agustus 2016
Saputri, Maylani P. (2019). Kompetensi profesional tenaga pendidik PAUD dalam proses pembelajaran anak usia dini pada TK Al Khoiriyah. Lampung: UIN Raden Intan Press
Saraya F, Trijatmika E, & Utaya S. (2019). Kompetensi Profesional Dan Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, e-ISSN. 2502-471X. Vol.5, No.9. 2019
Sudjana. (2002). Metode statistika . Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdyakarya.
Sum, Alviani T, & Emilia GMT. (2020), Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran; Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print), Volume 4 Issue 2 (2020) Pages 543-550
Tedjawati, J.M. (2020). Pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Dalam Pos PAUD. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan. Balitbang Kemdiknas.
Wulandari R, Hendriani W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Kependidikan. Vol. 7, No. 1 : Maret 2021. E-ISSN: 2442-7667
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.16556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rasiman Rasiman, Ida Dwijayanti, Siti Koyimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats