Profil Pendidik Pos Paud Kota Semarang Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik dan Profesional

Rasiman Rasiman, Ida Dwijayanti, Siti Koyimah

Abstract


ABSTRACT

The majority of POS PAUD teachers in Semarang City mostly have the educational background at the high school level, which is 806 people from 1181 people. This leads to a lack of pedagogic and professional competence. The purpose of the study was to analyze the profile of POS PAUD teachers in Semarang City in terms of pedagogic and professional competence. This study used a mixed method collaborating qualitative and quantitative method. Data collection techniques: documentation, questionnaires, and interviews. The sample was taken as many as 88 teachers and two respondents.  Findings: (1). Teachers’ Profile Pedagogical competence: the results of quantitative : having pedagogic competence in the medium category of 77.3%, high category 12.5%, and low competence of 10.2%. These results are reinforced by qualitative analysis: teachers have the necessary knowledge, skills and attitudes, they can design and implement effective learning activities and encourage early childhood development. (2). Professional competence teacher profile: quantitative analysis, that mostly still have moderate professional competence, 81.82%, high and low professional competence 9.09%. Qualitative analysis : teachers must have a strong commitment to ethical and professional standards, including maintaining confidentiality, respecting cultural diversity, promoting social justice, ongoing professional development, and best practice skills in early childhood education.

Keyword: POS PAUD, Competence, Pedagogic, Professional

 

ABSTRAK

Tenaga pendidik Pos PAUD di Kota Semarang mayoritas memiliki latar belakang pendidikan pada jenjang SMA yaitu sejumlah 806 orang dari 1181 orang. Hal ini menyebabkan kurangnya kompetensi pedagogik dan profesional. Tujuan Penelitian, menganalisis profil pendidik POS PAUD Kota Semarang ditinjau dari kompetensi pedagogik dan profesional. Penelitian ini menggunakan  metode campuran  antara metode kualitatif dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data: dokumentasi, angket, dan wawancara. Sampel yang diambil sebanyak 88 guru dan  responden dua orang.  Hasil penelitian: (1).Profil Pendidik  kompetensi pedagogi: hasil analisis kuantitatif, disimpulkan bahwa pendidik  menunjukkan: memiliki kompetensi pedagogik dalam katagori sedang sebesar 77,3%,  katagori  tinggi mencapai 12,5 % , dan kompetensi  rendah sebesar 10,2%.  Hasil ini diperkuat analisis kualitatif:  guru memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan, mereka dapat merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif serta mendorong perkembangan  anak-anak  usia dini. (2). Profil Pendidik  kompetensi profesional: hasil analisis kuantitatif, pendidik menunjukkan sebagian besar masih memiliki kompetensi profesional yang sedang yaitu mencapai 81,82 %,   kompetensi profesional tinggi maupun rendah mencapai 9,09 %. Sedangkan hasil analisis kualitatif:  pendidik harus memiliki komitmen yang kuat terhadap standar etika dan profesional, termasuk menjaga kerahasiaan, menghormati keragaman budaya, mempromosikan keadilan sosial, pengembangan profesional berkelanjutan, dan  keterampilan praktik terbaik dalam pendidikan anak usia dini.

Kaca Kunci: PAUD; Kompetensi; Pedagogik; Profesional


Keywords


POS PAUD, Competence, Pedagogic, Professional

Full Text:

PDF

References


Ferdinal L. (2020). Kualifikasi Dan Kompetensi Guru Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. e-ISSN. 2715-4777, Vol.3, No. 3 .2020

Ghozali, Imam. (2016), Konsep dan Analisis dengan Program AMOS 21.5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, A, Munawar M, & Chandra A (2011). Peningkatan Kualitas Pos PAUD melalui pengembangan program holistik integratif. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1, tahun 2011

John W. C. (2021). Apa Itu Mixed Methods Research? Portal Berita, Universitas Pendidikan Indonesia

Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). Inklusi. https://doi.org/10.14421/ijds.050202

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan 2010-2014. (2013). Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . Jakarta: Mendikbud.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muhamad, F. (2012). Desain Pembelajaran PAUD, tinjauan teoritik dan Praktik. Jogyakarta: Arruzz Madia

Nurhamida, I. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.17977/um022v3i12018p027

Nurutamil R, Adman. (2016). Kompetensi profesional guru sebagai determinan terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, Agustus 2016

Saputri, Maylani P. (2019). Kompetensi profesional tenaga pendidik PAUD dalam proses pembelajaran anak usia dini pada TK Al Khoiriyah. Lampung: UIN Raden Intan Press

Saraya F, Trijatmika E, & Utaya S. (2019). Kompetensi Profesional Dan Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, e-ISSN. 2502-471X. Vol.5, No.9. 2019

Sudjana. (2002). Metode statistika . Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdyakarya.

Sum, Alviani T, & Emilia GMT. (2020), Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran; Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print), Volume 4 Issue 2 (2020) Pages 543-550

Tedjawati, J.M. (2020). Pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Dalam Pos PAUD. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan. Balitbang Kemdiknas.

Wulandari R, Hendriani W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Kependidikan. Vol. 7, No. 1 : Maret 2021. E-ISSN: 2442-7667




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.16556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rasiman Rasiman, Ida Dwijayanti, Siti Koyimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats