Pengembangan Media Treasure Sensory Cube Untuk Meningkatkan Pengalaman Bermain Sensori Bagi Anak Usia 3-4 Tahun

Claudia Agripa Rompas, Trivena Dyah Wijayanti

Abstract


Abstract

Sensory development in early childhood is the abilities and skills that are formed from the time the child is born which will determine the child's future life experiences. In the sensory development of children aged 3-4 years at school, a condition was found where the lack of availability of sensory play media was limited and not varied, this could influence the lack of sensory play experience in early childhood. Activities in class still often use paper media, such as coloring or painting, which does not provide a variety of learning media. The aim of this research is to find out how to develop the Treasure Sensory Cube media to improve sensory play experiences for children aged 3-4 years. This type of research uses R&D research, using the ADDIE development model. The data analysis technique used in this research is descriptive quantitative and qualitative data. Quantitative data collection was taken from the results of a questionnaire sheet by experts using a checklist scale and descriptive qualitative data was taken from the results of input by experts and also the results of implementation with children aged 3-4 years which were qualitative in nature. The results of this research obtained scores of 87.5% and 96.8% so that it is in the very feasible category and the implementation results can be played by children. So it can be concluded that the Treasure Sensory Cube media is suitable for use to provide sensory play experiences for children aged 3-4 years.

Keywords: Media Treasure Sensory Cube; Sensory; Early childhood

Abstrak

Perkembangan sensori pada anak usia dini merupakan kemampuan dan keterampilan yang terbentuk sejak anak lahir yang akan menentukan pengalaman hidup anak dimasa depan. Pada perkembangan sensori anak usia 3-4 tahun di sekolah ditemukan suatu kondisi dimana kurangnya ketersediaan media bermain sensori yang terbatas dan tidak beragam, hal ini dapat mempengaruhi kurangnya pengalaman bermain sensori pada anak usia dini. Kegiatan di kelas masih sering menggunakan media kertas seperti mewarnai atau melukis saja tidak memberikan media pembelajaran yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengembangan media Treasure Sensory Cube untuk meningkatkan pengalaman bermain sensori bagi anak usia 3-4 tahun. Jenis penelitian menggunakan penelitian R&D, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data kuantitatif diambil dari hasil lembar angket oleh ahli menggunakan skala checklist dan data kualitatif deskriptif diambil dari hasil masukan oleh para ahli dan juga hasil implementasi bersama anak usia 3-4 tahun yang bersifat kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dengan mendapatkan nilai 87,5% dan 96,8% sehingga berada pada kategori sangat layak dan hasil implementasi dapat di mainkan oleh anak. Maka dapat disimpulkan media Treasure Sensory Cube layak untuk digunakan untuk dapat memberikan pengalaman bermain sensori pada anak usia 3-4 tahun.

Kata kunci: Media Treasure Sensory Cube; Sensori; Anak Usia Dini


Keywords


Media Treasure Sensory Cube; Sensory; Early childhood

Full Text:

PDF

References


Afifah, D., & Kuswanto, K. (2020). Membedah Pemikiran Maria Montessori Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini .

Aprianti, M. (2019). Self Regulation With Sensory Play For Children. ICCD . https://dx.doi.org/10.33068/iccd.vol2.iss1.175

Arham, M., & Agustang, A. (2021). Perubahan Media Bermain Dan Pergeseran Gaya Hidup Anak Di Lingkungan Bulu Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal of Sociology Education Review , 1(2), 22–29.

Bruno, L. (2019). Muhammad Yusuf Setia Wardana, Suci Lintiasri Pengembangan Media Pembelajaran Majinatif (Majalah Pintar Edukatif) Pada Pembelajaran Sains Untuk Anak. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Chemical Information and Modeling .

Dr. Masganti, S. M. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. Yogyakarta: Gava Media.

Fairus, D., & Purnama, S. (2019). Pengembangan Media Bermain PVC Tubes dalam Pembelajaran Motorik Anak Usia 3-4 Tahun. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini , 3(3), 141–156.

Hidayat, F. N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) . https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jipai/article/view/11042

Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2012). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini , 1(1). https://dx.doi.org/10.26877/paudia.v1i1.261

Kibtiah, I., Hilmiyati, F., & Khaeroni. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas 4 Berbasis Pendidikan Karakter Bernuansa Kontekstual. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan .

Meilanie, R., & Martini, S. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 5(1). https://dx.doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741

Munzilin, I., Batubara, R., Fauziyah, N., Sukaris, S., & Rahim, A. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Anak Dengan Pembelajaran Di Luar Kelas Melalui Penerapan “Sensory Play” Di Kb Puspa Giri Indro. DedikasiMU(Journal of Community Service) , 3(1). https://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i1.2343

Nurhayati, F. (2019). Pengembangan Permainan Bowling untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun. UNI Journal : Pendidikan Anak Usia Dini .

Nurhayati, S., & Zarkasih, P. K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 4(1).

Rifa, N. (2022). Studi Literatur: Perkembangan Sensori Anak Usia Dini. Jurnal Academia, Hal.3 Https://Www.Academia.Edu/65254163/Studi_Literatur_Perkembangan_Sensori_Anak_Usia_Dini?Email_Work_Card=View-Paper

Rosiyanah, R., Yufiarti, Y., & Meilani, S. (2020). Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 5(1). https://dx.doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.758

Syawalia, G., Rahman, T., & Giyartini, R. (2022). Studi Literatur: Media Pembelajaran Yang Digunakan Untuk Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini , 11(2). https://dx.doi.org/10.26877/paudia.v11i2.11919

Talago, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal , 1(1). https://dx.doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Virianingsih, P., Tegeh, I. M., & Ujianti P, R. (2021). Alat Permainan Edukatif Maze Dua Sisi (MADASI) untuk. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha , 117-126.

Wahyuningtyas, D., & Roziah, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis sensory carpet untuk pemahaman panca indera anak usia 1-2 tahun. Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini , 1(2).

Wardana, M. Y., & Lintiasri, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Majinatif (Majalah Pintar Edukatif) Pada Pembelajaran Sains Untuk Anak. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini . https://dx.doi.org/10.26877/paudia.v5i1.1170




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Claudia Agripa Rompas, Trivena Dyah Wijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats