Pengaruh Stimulasi Layanan Rumah Anak SIGAP Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak di Kecamatan Koroncong

Adelia Putri Hendarsyah, Asep Deni Gustiana

Abstract


Abstract

Early childhood requires several needs to grow and develop, one of which is stimulation. The initial timing of stimulation will influence the child's development so that development runs well and is appropriate to the age stage of development. The research was conducted with the aim of finding out the effect of the SIGAP Children's Home program in improving gross motor development in children in Koroncong District. This research uses quantitative methods with a pre-experimental research design: One Group Pre-Test Design. The data collection instrument is a test and the data is analyzed using the Paired T-Test. Then the samples taken using purposive sampling or judgment sampling techniques were 30 parents who had children aged 2-3 years who participated in the SIGAP Children's Home stimulation service in Koroncong District. The data analysis technique used is descriptive statistics. The results of this study show that there is a significant increase in children's gross motor development after receiving stimulation services at the SIGAP Children's Home, Koroncong District. So, stimulating services at the SIGAP Children's Home can be an alternative for parents to improve their children's gross motor development.

Keywords: Gross Motor; SIGAP Children's Hom; Stimulation

Abstrak

Anak usia dini membutuhkan beberapa kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang, salah satunya yaitu dengan  stimulasi. Waktu awal pemberian stimulasi akan berpengaruh terhadap perkembangan anak dalam berkembang agar perkembangan tersebut berjalan dengan baik dan sesuai dengan tahap usia perkembangannya. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh program Rumah Anak SIGAP dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak di Kecamatan Koroncong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimen: One Group Pre-Test Design. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan  tes dan data dianalisis menggunakan Paired T-Test . Lalu sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling or judgment sampling sebanyak 30 orang tua yang memiliki anak berusia 2-3 tahun yang mengikuti layanan stimulasi Rumah Anak SIGAP di Kecmatan Koroncong. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada perkembangan motorik kasar anak setelah mendapatkan stimulasi layanan di Rumah Anak SIGAP Kecamatan Koroncong. Maka, stimulasi layanan di Rumah Anak SIGAP dapat menjadi salah satu alternatif bagi orang tua untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak.

 Kata Kunci: Motorik Kasar; Rumah Anak SIGAP; Stimulasi


Keywords


Motorik Kasar, Rumah Anak SIGAP, Stimulasi

Full Text:

PDF

References


Arifiyanti, N., Fitriana, R., Kusmiyati, R., Sari, N. K., & Usriah, S. (2019). Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Al-Athfal, 2(2), 36–44.

Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 6(0), 14–21.

Damayanti, A., Pusari, R. W., & Kusumaningtyas, N. (2021). Status Gizi Anak Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 1-2 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 219–227. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.8252

Gustiana, A. D. (2021). Memahami Perkembangan Motorik Anak Usia Dini (R. O. Akbar (ed.)). CV Confident.

Khairani, N., Sanisahhuri, & Berlinda, V. (2019). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Dengan Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Bina Ana Prasa Dan Paud Islam Baiturrahim Kabupaten Rejang Lebong. Journal of Nursing and Public Health, 7(2), 39–47. https://doi.org/10.37676/jnph.v7i2.896

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Hamzawandi University, 3(1), 92-1051–12. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Kristanto, S. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Kaki) Anakk melalui Permainan Lari Pindah Ikan pada TK A KB-TK Madinatul Ilmi Al-Amien Tlogosari Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, June, 18–31. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v5i1.1172

Lestariningrum, A. (2019). Pengaruh Senam Bebek Berenang Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun. Efektor, 6(1), 1–6.

Mahmud, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Nadialista Kurniawan, R. A. (2021). Pengetahuan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini oleh Guru. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 3(2), 128. https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/123

Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985

Puspita, L., & Umar, M. Y. (2020). Perkembangan motorik kasar dan motorik halus ditinjau dari pengetahuan ibu tentang pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 121–126. https://doi.org/10.30604/well.80212020

Ratminingsih, N. M. (2010). Penelitian Eksperimental Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. Prasi, 6(11), 31–40.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Sandra, I. A., & Fitriani, D. (2021). Efektivitas Permainan Stimulasi Visual-Taktil Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 241–248. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.8408

Sapitri, D., Rosyadi, A. R., & Rahman, I. K. (2022). Pendidikan Karakter Islami Anak Usia Dini Berbasis Fitrah di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7334–7346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3657

Sari, R. (2020). Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Pendidikan Ibu Tentang Stimulasi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-5 Tahun Di Puskesmas Lamasi. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 6(2), 17–25.

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161

Usrati, S., Santi, T. D., & Amin, F. A. (2023). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Batita Di Wilayah Kerja Puskesmas Meureudu Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. SAINTEKES: Jurnal Sains, Teknologi Dan Kesehatan, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i1.13

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adelia Putri Hendarsyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats
slot gacor slot