PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS 4 BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN PESERTA DIDIK DI SDN JOMBLANG 02 SEMARANG
Hidayah Sri Murwati
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar yang digunakan selama ini belum memotivasi peserta didik untuk belajar matematika dalam pembelajaran tematik kurikukulum 2013 di sekolah dasar terutama yang berkaitan dengan bahan ajar materi bangun datar yang dapat meningkatkan penalaran peserta didik berbasis pendekatan open-ended. Adapun tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan bahan ajar di sekolah dasar dan langkah pengembangan bahan ajar pada materi bangun datar dapat meningkatkan penalaran siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RnD) dengan model Borg and Gall untuk menghasilkan produk dan sekaligus menguji kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil kelayakan berdasarkan penilaian validasi materi oleh ahli tahap 1 memperoleh rata-rata presentase sebesar 51,25% dikategorikan “Cukup Layak” dan “Revisi”, pada validasi tahap 2 mengalami peningkatan data dan diperoleh hasil 97,5% masuk dalam kategori “sangat layak” dan “tanpa revisi”. Sedangkan validasi media tahap 1 diperoleh hasil 58% dengan kategori “cukup layak” dan “revisi”, pada validasi tahap 2 mengalami peningkatan dan diperoleh hasil 85% masuk dalam kategori “layak” dan “tanpa revisi”. Hasil uji coba lapangan terhadap sau guru kelas tinggi di SDN Jomblang 03 memperlihatkan rata-rata angket isi materi yaitu 89,85% masuk dalam kategori “layak” dan “tanpa revisi” dan rata-rata hasil validasi struktur bahan ajar sebesar 85% masuk dalam kategori “layak” dan “tanpa revisi”. Bahan ajat materi bangun datar berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan penalara peserta didik telah memenuhi kriteria sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Liputan6. 2019. “Tujuan Kurikulum 2013”
https://m.liputan6.com/citizen6/read/3875318/tujuan-kurikulum-2013-di-balik-pro-kontra-penerapannya.
Mayasari, Dian. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Segitiga Dengan Pendekatan Open Ended Untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Inovasi Matematika, Vol. 1, No. 2, 2019, Hal 99 – 109.
Herdiman, Indir. 2017. Penerapan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Penalaran Matematik Siswa SMP. JES-MAT, Vol.3 No.2, September 2017, Hal 195 – 204.
Sulianto, Joko, 2011. Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Open Ended Dalam Aspek Penalaran dan Pemecahan Masalah Pada Materi Segitiga di Kelas VII. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 1 Nomor 1 Juli 2011hal 18-41
Tritjahjo, Danny. Ragam dan Prosedur Penelitian. UKSW
Depdiknas.2003.Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright of JSIP (Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan)
ISSN 2985-5012
FIP Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Padmi Dhyah Yulianti, S. Psi., M. Psi. Psikolog
WhatsApp : 089510884896
Email: [email protected]