ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 01 PADURAKSA KABUPATEN PEMALANG

Candra Ariyani, Sukamto Sukamto, Ikha Listyarini

Abstract


Perbedaan pola asuh orang tua dalam membimbing, mengarahkan, dan mendidik anaknya di dalam rumah sehingga dapat berdampak pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring. Pola asuh orangtua merupakan salah satu bentuk kasih sayang orangtua kepada anaknya dalam pemberian perhatian untuk pendidikan karakter yang ingin ditampilkan pada diri anaknya dan juga pola asuh orangtua merupakan bentuk kewajiban orangtua dalam memberikan hak anaknya yaitu dalam pemberikan pendidikan yang baik untuk anaknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Karena data-data yang diperoleh dari hasil penelitian bukan berupa angka-angka yang diolah dengan statistik. Melainkan berupa kalimat deskiptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi di sekolah dan di rumah siswa, wawancara dengan guru kelas dan orang tua siswa, serta pembagian angket untuk siswa dan orang tua siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti bahwa adanya keterkaitan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa, karena dengan penerapan pola asuh orang tua yang tepat memberikan dampak yang positif terhadap hasil belajar siswa saat pembelajaran daring dan juga sebaliknya.

                                                                                                              

Kata kunci: pola asuh orangtua, pembelajaran daring, hasil belajar siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of JSIP (Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan)

ISSN 2985-5012

FIP Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Padmi Dhyah Yulianti, S. Psi., M. Psi. Psikolog
WhatsApp : 089510884896
Email: [email protected]