PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MATERI PENCAK SILAT PADA SISWA KELAS X SMA N 1 WELERI
Abstract
Tri Mukti Bagaskara “Pengembangan Media Belajar Pendidikan Jasmani Materi Pencak Silat Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Weleri”, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021.
Pengembangan media pembelajaran mata pelajaran PJOK materi olahraga beladiri pencak silat berbasis aplikasi android My Psilat di SMA N 1 Weleri dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan guru yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan kurang memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan suatu produk media belajar mata pelajaran PJOK materi olahraga beladiri pencak silat berbasis aplikasi android My Psilat untuk siswa kelas X SMA N 1 Weleri.
Penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development. Dengan mengikuti prosedur dari Borg and Gall yang terdiri dari (1) Mengumpulkan Informasi, (2)
Perencanaan Produk, (3) Pengembangan Bentuk Produk Media Awal, (4) Tahap Validasi Tim Ahli, (5) Tahap Uji Coba dan Revisi Produk. Tahapan uji coba produk terdiri dari tahap uji coba perorangan menggunakan praktisi pembelajaran (guru PJOK) sebagai subjek uji coba, tahap uji coba skala kecil dengan menggunaka 36 siswa sebagai subjek uji coba, dan tahap uji coba skala besar dengan jumlah subjek uji coba 287 siswa. Data dari angket yang telah dikumpulkan, setelah itu diolah dan diubah dalam bentuk persentase.
Hasil penilaian validasi oleh ahli materi terhadap media pembelajaran mata pelajaran PJOK materi olahraga beladiri pencak silat berbasis aplikasi android My Psilat secara keseluruhan mendapat nilai dengan persentase 94% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian validasi oleh ahli media terhadap media pembelajaran mata pelajaran PJOK materi olahraga beladiri pencak silat berbasis aplikasi android My Psilat secara keseluruhan mendapatkan nilai dengan persentase 94% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian uji coba perorangan (guru PJOK) memperoleh nilai dengan persentase 95% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil uji skala kecil pada siswa kelas X IPS 3 dengan jumlah responden sebanyak 36 siswa memperoleh nilai dengan persentase 93,98% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil uji skala besar pada siswa kelas X MIPA 1 sampai dengan X MIPA 6 serta kelas X IPS 1 sampai dengan X IPS 2 dengan jumlah responden sebanyak 287 siswa memperoleh nilai persentase 94,54% dengan kriteria “Sangat layak”.Full Text:
PDFReferences
Agung Nugroho. (2004). Diklat Pedoman Latihan Pencak Silat.Yogyakarta:FIK.Universitas Negeri Yogyakarta.
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Arif S. Sadiman, dkk. (2014). Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Aswan, Z., & Syaiful, D. B. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dapira, M., Agustan, B., & Muhtarom, D. (2020). Penerapan Latihan Berbasis Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Pencak Silat Tunggal Golok. Journal of Physical Education and Sport Science, 2(2), 6-10.
Fekum, Ariesbowo. (2008). Menjadi Pesilat. Jakarta: Be Champion.
Kriswanto, Erwin Setyo. (2015). Pencak Silat. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Maryono, O. (1999). Pencak Silat Merentang Waktu. Yogyakarta: Galang Press.
Mulyana. (2013). Pendidikan Pencak Silat: Membangun Jati Diri dan Karakter Bangsa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oktiana, Gian Dwi. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dalama Bentuk Buku Saku Digital Untuk Mata Pelajaran Akuntasi Kompetensi Dasar Membuat Ikhtisar Siklus Akuntasi Perusahaan Jasa Di Kelas XIMAN 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015”. Kajian Pendidikan Akuntasi Indonesia (KPAI) 4(6)
Rohani, Ahmad. (1997) Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadiman, Arief S. et all. (2006). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatan. Jakarta: Raja Grafindo.
Smaldino, Sharon E. et al.(2005). Instructional Technology and Media For Learning. New Jersey:Prentice Hall
Safaat, Nazrudin. (2014). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.
Sempana, E. (2020). Hubungan Antara Panjang Tungkai Dan Power Otot Tungkai Terhadap Kecepatan Tendangan C Dalam Siswa Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon Borang Ranting Arjosari Cabang Pacitan Pusat Madiun (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.