Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Media Film dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Smp Negeri 4 Juwana

Octafiana Mandasari, Maryanto Maryanto, Agus Suprijanto

Abstract


Mandasari, NPM 17210013. Upaya guru meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui media film dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 4 Juwana. Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum sesuainya media yang digunakan dengan krakteristik peserta didik. Hal ini menyebabkan siswa kurang memperhatikan pengajar waktu proses pembelajaran yang menyebabkan rendahnya minat belajar peseta didik yang buktikan dengan  banyaknya siswa yang gaduh main sendiri, mengobrol dan tidak fokus pada kegiatan pembelajaran PPKn. Karena itu peneliti tertarik untuk meneliti upaya guru meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui media film. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini dapat dijelaskan bahwa penggunaan media film efektif pada pembelajaran khususnya mata pelajaran PPKn, karena dengan menggunakan media film sangat berpengaruh pada motivasi belajar siswa di kelas VII A SMP Negeri 4 Juwana dibuktikan dengan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan sang guru lebih gampang dipahami oleh siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan kebanyakan hasil belajar siswa meningkat, serta antusias dalam mengikuti pembelajaran PPKn. Saran pada penelitian ini siswa SMP Negeri 4 Juwana hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan media film dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga tujuan &  hasil belajar dapat tercapai dengan maksimal.

 Kata kunci: Motivasi, Belajar, Film.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggreni, A. (2010). “Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Mengikuti Layanan Informasi Belajar Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling Dikelas VIII SMP N 1 Semarang”. Skripsi: Universitas Negeri Semarang

Djamarah, Syaiful Bahari. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Halimah, Leli. (2017). Ket erampilan Mengajar Sebagai Inspirasi untuk Menjadi Guru yang Excellent diabad Ke – 21. Bandung : PT Refika Aditama.

Haryati, T. & Dkk. (2017). Pembelajaran Mikro Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Semarang : Universitas PGRI Semarang Press.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2018)

Mahmud, (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia

Marisa, S. (2019). “Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran Siswa Upaya Mengatasi Permasalahan Belajar”. Jurnal taushiah FAI-UISU, Vol. 9 No. 2

Munadi, Y (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group

Nugraha, YPA. (2016). “Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri Ponrianak”. Jurnal Pendidikan Sosial. Vol. 3, No.2

Pratiwi, G. Sri, A. Dan Kurnisar. (2019). “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 13 Palembang”. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, Volume 6, Nomor 1

Reny Ditya Puspitasari. (2017). “Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Melalui Penggunaan Media Film Pada Siswa Kelas Ii Di Sd Negeri Tlogoadi”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfa Beta.

Sukadi.( 2006). Guru Powerful Guru Masa Depan. Bandung: Kolbu

Suryani, NS. & Dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya : Kolbu

Sutirna, Asep Samsudin (2015). Landasan Kependidikan Teori dan Praktek. Bandung: PT Refika Aditama

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yuandini, Retno (2017). “Peran Guru PPKn dalam Meningkatkan Kesadaran Bernegara Melalui Media Audio Visual Di SMP N 01 Salem”. Skripsi: Universitas PGRI Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.