Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembinaan Karakter Peduli Sosial di Sekolah (Studi Kepustakaan)

Faula Yuniarta Seli, Rosalina Ginting, Supriyono Purwosaputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembinaan Karakter Peduli Sosial di Sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kepustakaan . Metode pengumpulan data yang  digunakan  adalah  metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan  adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian 1) Peran guru PPKn sebagai  motivator yaitu dengan memberikan motivasi dan dorongan. 2) Peran guru sebagai korektor dengan melakukan evaluasi, penilaian kepada peserta didik. 3)Peran guru sebagai pembimbing  yaitu guru memberikan bimbingan dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler.

Full Text:

PDF

References


Arfiah, Sri, and Bambang Sumardjoko. 2017. “Sri Arfiah Bambang Sumardjoko.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2):76–92.

Hidayati, Tri Utami, Alfiandra Alfiandra, and Sri Artati Waluyati. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Peduli Sosial Siswa Di Smp Negeri 1 Palembang.” Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn 6(1):17–36. doi: 10.36706/jbti.v6i1.7920.

Husba, Zakiyah Mustafa, Dwi Pratiwi S. Husba, Maria Christina Djo, Andi Siti Fadiah Aqmarina, Amwal Sahih, Muhammad Lutfi, Rahmad Alzadiman, Hikmatul Izza, Sularianto Haris, Inten Widuri Wulandari, Windarti Aprina, Amiruddin Ena, and Syaifuddin Gani. 2018. Remaja, Literasi, Dan Penguatan Pendidikan Karakter. Kendari: Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara.

Ibrahim, Sri A., and Meysin Adam. 2021. “Tingkat Pengetahuan Anggota Palang Merah Remaja (PMR) Tentang Pertolongan Pertama Pada Cedera.” Jambura Nursing Journal 3(1):23–31. doi: 10.37311/jnj.v3i1.9824.

Mahfrisa, Anvel. 2019. “PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT ( Studi Kasus Pendidikan Berbasis Agroforestri MTs PAKIS ).” Interaksi 3(12):54–61.

Manan, Syaepul. 2017. “Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim XV(2):1.

Mansir, Firman, Muhammad Abrar Parinduri, and Sofyan Abas. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembinaan Peserta Didik Dalam Membentuk Watak Kuat-Positif.” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 4(1):429. doi: 10.30738/tc.v4i1.6811.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.