PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SENAM LANTAI ROLL DEPAN SISWA KELAS ATAS SD SARIREJO 03 PATI PADA PEMBELAJARAN PJOK DARING

Muhammad Ishom Khoirul Muzakki, Bertika Kusuma Prastiwi, Maftukin Hudah

Abstract


ABSKTRAK

Muhammad Ishom Khoirul Muzakki. “Pengaruh penggunaan media video untuk meningkatkan keterampilan senam lantai roll depan siswa kelas atas SD Sarirejo 03 Pati pada pembelajaran PJOK daring”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai siswa dalam pembelajaran senam lantai roll depan masih ada yang kurang dari KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video untuk meningkatkan keterampilan senam lantai roll depan pada siswa kelas atas di SD Sarirejo 03 Pati dalam pembelajaran PJOK daring.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini yaitu menggunakan desain pretest-posttest control group design. Dengan populasi 83 siswa dari kelas atas yaitu 4,5,6. Dan sampel diambil secara random sampling yaitu 53 siswa kelas 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas 6 sebagai kelas kontrol.

Hasil penelitian yang dilakukan  Setelah diberikan perlakukan dengan media video dapat dijelaskan bahwa mean/rata-rata keterampilan senam lantai roll depan siswa kelas atas SD Sarirejo 03 Pati pada pembelajaran PJOK daring setelah diberikan treatmen melalui media video pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan nilai mean atau rata-rata dari pretest sebesar 59,11 menjadi posttest sebesar 81,96 mengalami peningkatan sebesar 33,28 dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 61,7% sedangkan untuk hasil kelompok kontrol dari pretest sebesar 52,17 menjadi posttest sebesar 69,78 mengalami peningkatan sebesar 17,60 dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 33,75%.

Dapat disimpulkan bahwa peningkatan mean atau rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan peningkatan mean atau rata-rata kelompok kontrol. Jadi penggunaan media video dapat meningkatkan keterampilan senam lantai roll depan pada siswa kelas atas di SD Sarirejo 03 Pati dalam pembelajaran PJOK daring. Disarankan bahwa bagi siswa agar lebih meningkatkan keterampilan senam lantai, bagi guru diharapkan memberikan media pembelajaran yang lebih variatif lagi, dan bagi peneliti agar menambah subyek penelitian dengan ruang lingkup yang lebih besar.

 

Kata kunci : Media video, Pembelajaran PJOK Daring, Senam Lantai.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardiana. N. A. 2013. Pengaruh Modifikasi alat Bantu Terhadap Hasil Belajar Lempar Cakram. [Skripsi]. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Kusumo. K. H. 2015. Pengaruh Metode Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Plosoklaten Kediri. [Skripsi]. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kediri

Resiani, Ni Kadek, Anak Agung Gede Agung, I Nyoman Jampel. (2015). Pengembangan Game edukasi Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Semester Genap di SMP N 7 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, Vol: 3 No: 1.

Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.