Strategi Meningkatkan Pendapatan Usaha Kue Toko Shinta Bakery Melalui Marketing Mix Dalam Masa Pandemi Di Randublatung Kabupaten Blora

Wahyu Nurjannah

Abstract


 “Strategi Meningkatkan Pendapatan Usaha Kue Toko Shinta Bakery Melalui Marketing Mix Dalam Masa Pandemi  di Randublatung Kabupaten Blora”. Program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan IPS dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2021. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penurunan pendapatan pada toko kue Shinta Bakery selama tahun 2020, kurangnya strategi yang dimiliki pada toko kue Shinta Bakery dan jumlah konsumen yang semakin menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi peningkatan pendapatan Usaha Kue Toko Shinta Bakery dalam masa pandemi dan menganalisis solusi yang tepat untuk meningkatkan penjualan roti pada Usaha Kue Toko Shinta Bakery dalam masa Pandemi. 

Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Instrument pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Produk pada usaha Kue Toko Shinta Bakery berbentuk balok, bulat, lonjong, segitiga, kotak, sedangkan kesitimewaan produk pada Toko Kue Shinta Bakery belum memiliki keistimewaan. Harga yang ditentukan pada Toko Kue Shinta Bakery relatif mahal dibandingkan dengan toko kue yang lainnya. Tempat pada usaha Toko Kue Shinta Bakery dapat dikatakan cukup startegis dan memudahkan konsumen dari wilayah mana pun untuk menjangkau toko ini, karena Toko Kue Shinta Bakery berada tepat di depan jalan raya utama. Promosi promosi yang dilakukan oleh Toko Kue Shinta Bakery hanya menggunakan spanduk yang dipasang di depan toko sebagai media promosinya.

 


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, S.E. (2018).Manajemen Strategi Pemasaran.Bandung:CV Pustaka Setia

Anggriana,R., Qomariah,N.,& Santoso, B.(2017). Pengaruh Harga,Promosi,Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “OM-JEK” Jember.Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia,7(2).

Arifin, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Roti Pada CV. Prima Sari Bakery Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekan Baru Menurut Ekonomi Syariah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Chaeriyantama, F., Mustika, M.,& Dupri, M. D. (2021).Pembuatan Video Iklan Sebagai Media Promosi Universitas Muhammadiyah Metro Menggunakan Metode DLC. Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi (JMSI), 2(2), 154-165

Fitriyani, S., Murni, T., & Warsono, S. (2018). Pemilihan Lokasi Usaha dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro dan Kecil. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 47-58.

Imam, A. (2019). Strategi pemasaran produk kue rumahan dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat: studi kasus Desa Pagutan Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).

SAM, D. S., & Avriana, E. (2020).Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Kue Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Bertuah: Journal of Sharia and Islamic Economics, 1(1).

Toko Kue Shinta Bakery. (2020). Laporan keuangan pendapatan bulanan. Randublatung.

Waworuntu, M. I. G., Mingkid, E., & Himpong, M. D. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Esspecto Coffe Tondano Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19. Acta Diurna Komunikasi, 3(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.