Analisis Keberlangsungan Usaha Sarung Goyor Di Era Digital Desa Wanarejan Utara, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang

Dimas Wijanarko, Antono Herry Purnomo Adhi

Abstract


Dimas Wijanarko, NPM 17220062 “Analisis Keberlangsungan Usaha Sarung Goyor di Era Digital Desa Wanarejan Utara, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi penurunan jumlah permintaan, peningkatan jumlah tenaga kerja dan peniurunan jumlah produksi pada usaha sarung goyor di Desa Wanarejan Utara Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan inovasi produk, implementasi pemasaran dan persaingan dagang dalam keberlangsungan usaha sarung goyor di era digital Desa Wanarejan Utara Pemalang. Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan pedoman pada teori strategi dalam keberlangsungan usaha di era digital. Metode penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian terdiri dari 2 pemilik usaha (Bapak Warsono dan Bapak Suroto), 2 karyawan, 2 konsumen dan 1 distributor produk sarung goyor. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa inovasi produk, implementasi pemasaran dan persaingan dagang dapat dijadikan upaya dalam keberlangsungan usaha sarung goyor di era digital di Desa Wanarejan Utara Pemalang.


Full Text:

PDF

References


Apriyani, D. (2017). Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Pakaian Muslim Di Butik Latifah Way Halim Bandar Lampung. 18–31.

Badan Pusat Statistika Provinsi Nasional (2017) Tabel Jumlah Perusahaan Industri Kecil dan Menengah Menurut Provinsi Tahun 2013 -2015.

Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pemalang.Tabel Jumlah tenagakerja dan jumlah volume produksi tenun goyor ATBM di Kabupaten Pemalang 2013-2016.

Fadly, H. D., & Sutama. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Management, 5, 213–222.

Hadiyati, E. (2010). Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lawang). Jurnal Manajemen Universitas Jambi, 2(2)(Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lawang)), 81–90.

Harminingtyas, R. (2013). Analisis Fungsi Kemasan Produk Melalui Model View Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Rokok Kretek Merek Dji Sam Soe Di Kota Semarang.

Herawati, H., & Mulyani, D. (2016). Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pada Ud. Tahu Rosydi Puspan Maron Probolinggo. Prosiding Seminar Nasional, ISBN 978-6, 463–482. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3677

Kotler., P, & Amstrong, G. 2008. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prentice Hall-Inc.

Riza Muhammad. 2012. Persaingan Bisnis Pedagang Pasar Pagi Peterongan Semarang Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam. Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sari, Ais Widya Rosiana.(2017).Jumlah Produksi Tenun Sarung Goyor Di Perkirakan Dari Tenaga Kerja, Modal Dan Kemampuan Kewirausahaan. Economic Education Analysis Journal. Vol 3 No 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sugiono. (2016). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.