ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSITAS KONTINUITAS PENGGUNA E-WALLET PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

M Syamsul Arifin, Novika Wahyuhastuti

Abstract


Kemajuan teknologi yang memunculkan inovasi pada bidang layanan keuangan, termasuk e-wallet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat intensitas kontinuitas mahasiswa pengguna e-wallet dengan menggunakan teori (UAUT2). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Uji hipotesis analisis regresi berganda. Metode analisis data menggunakan SPSS. Sampel untuk survei ini terdiri dari 371 responden dengan pengalaman ≥ 3 bulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kondisi pendukung, motivasi hedonis, nilai harga, dan kebiasaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensitas kontinuitas. Variabel kondisi pendukung memperoleh nilai thitung sebesar 3,320 > ttabel 1,9665 sig 0,0001< 0,05., motivasi hedonis sebesar 3,720 > ttabel 1,9665  sig 0,000 < 0,05, nilai harga sebesar 3,979 > ttabel 1,9665 sig 0,000< 0,05, dan kebiasaan sebesar 9,506 > ttabel 1,9665  sig 0,000 < 0,05. Sedangkan disisi lain variabel harapan kinerja, harapan usaha, dan pengaruh sosial tidak memiliki dampak positif dan tidak signifikan terhadap intensitas kontinuitas. Variabel harapan kinerja memperoleh nilai thitung sebesar 0,404 < ttabel 1,9665  sig 0,686 > 0,05, harapan usaha sebesar -1,578 < ttabel 1,9665  sig 0,113 > 0,05, dan pengaruh sosial sebesar thitung 0,009 < ttabel 1,9665 sig 0,993 > 0,05. Nilai R2 sebesar 0,648 berarti 64,8% variabel dalam model teoritis UTAUT2 mempengaruhi kekuatan intensitas kontinuitas.

Full Text:

PDF

References


APJII, 2020. Survei Pengguna Internet APJII 2019-Q2 2020, Jakarta: Asosiasi Pelenggara jasa Internet Indonesia.

Ariaeinejad, R. & Archer, N., 2014. Importance of Mobile Technology in Successful Adaption and Sustainability of a Chronic Disease Support System. International Juornal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, Volume 8, pp. 903-908.

DS Research, 2019. Maintaining Growth during Pandemic. Fintech report 2020. https://branchlessbanking.cimbniaga.co.id/download/Fintech%20Report%202020.pdf

Globalwebindex, 2019 (Q3). Figures Represent The Findings of a Board Survey Of Internet Users Aged 16 t0 64, s.l.: s.n.

Indrawati, 2017. Perilaku Konsumen Individu Dalam Mengadopsi Layanan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ispriandina, A. & Sutisna, M., 2019. Faktor-Faktor Penerimaan Teknologi Yang Mempengaruhi Intensi Kontinuitas Pengguna Mobile Wallet di Kota Bandung. 10th Industrial Research Workshop and National Seminar, pp. 1046-1055.

Ngafifi, M., 2014. Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol.2, No.1,, p. hlm.34.

Pratama, R. & Anfas, 2020. Financial Issues (sebuah catatan akademika). Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Schuster, L., Judy Proudfoot & Drennan, a. J., 2015. Understanding consumer loyalty to technology-based self-services with credence qualities. Journal of Services Marketing vol. 29, no. 6.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Badung: Alfabeta.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B. & Davis, F. D., 2003. User Acceptance of Information Tecnology: Toward a unified view. MIS Quarterly, Volume (27)3, pp. 425-478.

Venkatesh, V., Thong, J. Y. L. & Xu, a. X., 2012. Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. MIS Quarterly, Volume 36, pp. 157-178.

Xu, X., 2014. Understanding Users' Continued use of Online Games: An Application of UAUT2 in Social Network Games. The sixth International Conference on Advances in Multimedia).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.