Analisis Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Sistem Blok Di SMK N 11 Semarang

Fajrina Nurul Hakiki, Valdyan Drifanda

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh durasi jam pembelajaran yang cukup lama dalam satu kali pertemuan 1-6 jam untuk Kewirausahaan dan 10-12 jam untu Produk Kreatif. Lamanya jam pembelajaran menurunkan konsentrasi belajar siswa dan Perbedaan jam dalam sekali tatap muka antar kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan mekanisme penerapan jadwal sistem blok di SMK N 11 Semarang ditinjau dari mapel kewirausahaan dan menganalisis efektivitas penerpan jadwal sistem blok di tinjau dari hasil belajar siswa.

Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan berpedoman pada teori system blok dan hasil belajar siswa. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif didasarkan pada konstruktifisme dengan asumsi multiplerealities. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analsis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data (collection), reduksi data/kondensasi data, penyajian data ( Display), dan conclusion: Drawing/Verifying.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mekanisme penerapan jadwal sistem blok di SMK Negeri 11 Semarang ditinjau dari mapel Kewirausahaan meliputi pertama sejarah singkat, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Efektivitas penerapan jadwal sistem blok ditinjau dari hasil belajar siswa meliputi kondisi pembelajaran dan hasil belajar. Saran dalam penelitian ini membuat strategi pembelajaran untuk meningkatkan semangat belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi Yang Ditamatkan.

http://bps.go.id/statictable/2009/04/16/972/pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan-1986...2020.html.Diakses 21 Oktober 2020

McMillan, J. H. & Schumacher, S. (2001). Research in Education. New York: Longman, Inc.

Presiden Republik Indonesia.(2003). Undang-Undang Republik Nomor 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional.

Prasetyo,N.Y&Yoto.(2016).Persepsi Mahasiswa Terhadap Efektifitas Pembelajaran Dengan Sistem Blok Mata Kuliah Praktikum Pada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Jurnal Teknik Mesin. http://journal2.um.ac.id/index.php/jurnal teknikmesin/article/viewfile/527/337. Diakses 25 Januari 2021

Putri, S. D., &Suwatno. 2017. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri1 Subang. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 113-123.

Rifa’i, B. (2013) EfektivitasPemberdayaan Usaha Mikro Kecil danMenengah (UNKN) Krupuk Ikandalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan dan Manajemen Publik. 1(2), 130-136.

Wibowo, N. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari.Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2), 128-139.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.