Pengaruh Gaya Hidup Dan Online Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi awal yang dilakukan terhadap mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Semarang dengan hasil bahwa mahasiswa cenderung berperilaku konsumtif dengan mementingkan memenuhi keinginan dibanding kebutuhan dalam membeli sebuah produk. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menguji pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Semarang, 2) Menguji pengaruh online shop terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Semarang, 3) Menguji pengaruh gaya hidup dan online shop terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Semarang. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data primer digunkaan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini. Data primer diperoleh dari hasil survey menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada 114 mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sampel jenuh dengan jumlah populasi 114 mahasiswa. Teknik analisis data dilakukan melalui regresi linier berganda dengan melakukan uji asumsi klasik, uji t dan uji F. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) gaya hidup berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dan signifikan. 2) online shop berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dan signifikan. 3) gaya hidup dan online shop secara simultan berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dan signifikan.
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni E., & Khasan S. (2018). Pengaruh Media Sosial Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 172-180.
Arohman., & Nabila, C. V. (2020). Analisis Pengaruh Online Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa FEB Umpri (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2016). Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, 11(2), 134-145.
Dwikurnaningsih, Y., Sapto, I., & Maria P. D. dkk. (2020). Pengaruh Online Shop Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 4(2), 9-16.
Firmansyah, M. A. 2018. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Budi Utama
Islamy, D. P. (2015). Pengaruh Online Shop Pada Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa–Siswi SMP Islam Cikal Harapan Bumi Serpong (BSD) Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Kanserina, D. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015. 5(1).
Kurniawan, C. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi Pada Mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 107-118.
Melina, A., & Saftia, W. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Stkip Ypm Bangko. Scientific Journals of Economic Education, 2(1), 141-152.
Patricia, N. L., & Sri, H. (2017). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Pramugari Maskapai Penerbangan “X”. Jurnal Psikologi, 12(1), 10-17.
Rozaini, N., & Hindun, N. S. (2021). Pengaruh Online Shop Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri Medan. Niagawan, 10(1), 102-108.
Sagita, M. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Kelompok Teman Sebaya, Konsep Diri, Dan Pembelajaran Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI IIS Di SMA Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Sesurya, S. A., Suryanto., & Amanda, P. R. (2019). Perilaku Konsumtif Pada Laki-Laki “Zaman Now” Pengguna Aplikasi “Online Shop” Dalam Membeli Barang Di Surabaya. 277-284.
Zahra, D. R., & Pandji, A. (2021). The Influence of Lifestyle, Financial Literacy, and Social Demographics on Consumptive Behavior. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1033-1041.
Refbacks
- There are currently no refbacks.