Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Administrasi Perpajakan Kelas XII AKL SMK Palebon Semarang

Lailatul Ramadhanti, Aryan Eka Prastya Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran administrasi perpajakan kelas XII AKL SMK Palebon Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitlan ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatlf. Populasi penelitlan ini adalah siswa kelas XII AKL SMK Palebon Semarang yang berjumlah 110 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner atau angket. Teknik analisis data dalam penelitlan ini menggunakan analisls linier berganda. Hasil peneliltan ini menunjukan bahwa; (1) Terdapat pengaruh positlf dan signiflkan dalam penggunaan media pembeiajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XII AKL SMK Palebon Semarang, (2) Terdapat pengaruh posltif dan signiflkan antara minat belajar terhadap hasil belajar slswa mata pelajaran adminlstrasi perpajakan kelas XII AKL SMK Palebon Semarang, (3) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran dan mlnat belajar siswa mata pelajaran administrasi perpajakan kelas XII AKL SMK Palebon Semarang secara positif dan signifikan.


Full Text:

PDF

References


Ainun Mardhiah dan Said Ali Akbar (2018) “Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh”.

Al Mawaddah, dkk (2021) ”Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar”.

Dewi Nurwidayanti dan Mukminan (2018) “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Gaya Belajar Siswa SMA Negeri”.

Baharuddin, Baharuddin and Wahyuni, Esa Nur (2015) Teori belajar dan pembelajaran. Ar-Ruzz Media,

Efi Marnis (2018) “Pengaruh Model NHT dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi”.

Erlando Doni Siraiti dan Dwi Dani Apriyani (2021) “Pengaruh Media pembelajaran Google Classroom dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika”

Lina Novita, dkk (2019) “Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar SD”.

Pratiwi, dan Rini Intansari Meilani (2014) “Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa”.

Rizki Wahyuningtyas, dan Bambang Suteng Sulasmono (2020) “Pentingnya Media Dalam pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar”.

Salim, Julianti Alisia Mona, dkk (2021) “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Jaringan Dasar”.

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sukma Perdana Prasetya (2018) “Effect of Learning Media Variation to Increase Interest and Learning Outcomes of Geography”.

Supardi US, dkk (2015) “Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.