Analisis Keputusan Pemilihan Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran Di SMK N 1 Batang

Anggi Pratiwi, Endang Wuryandini

Abstract


Anggi Pratiwi, NPM 17220066 “Analisis Keputusan Pemilihan Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran Di SMK N 1 Batang”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa, minimnya informasi terkait perminatan, dan kurangnya peran orang tua pada kompetensi keahlian Bisnis SMK N 1 Batang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis minat, realisasi minat, dan kecakapan keahlian yang dimiIiki peserta didik pada kompetensi keahlian Bisnis SMK N 1 Batang. Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan pedoman pada teori keputusan pemilihan jurusan. Metode penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian terdiri dari 1 guru (Ibu Sri Syamsyah), 5 siswa, 5 orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa minat, realisasi minat, dan kecakapan keahlian yang dimiliki peserta didik baik dan berpengaruh dalam keputusan pemilihan kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK N 1 Batang.

 


Full Text:

PDF

References


Ana Testian Yushli. dkk. (2016). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS (Studi Pada Angkatan 2014 Dan 2015)”. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Azmi, Wira. (2015). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Dalam Pemilihan Program Keahlian Di SMK PGRI Tanjung Raja”. Universits Sriwijaya.

Candrarini, Kyestiyana Probo. dkk. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Strategi Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X-6 Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Karanaganyar Tahun Pelajaran 2017/2018”. Universitas Sebelas Maret.

Creswell. J. W. (2007). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Muxied. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Crow and Crow. 1975. An Outline of General Psykology. New York: Lithe Fred Adam and Co.

Dhanu, P. (2020). “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process”. Universitas Negeri Semarang.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksar

Faraqi, Fahmi. 2015. Pengaruh Kelompok Referensi dan Efikasi Diri Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Memilih Jurusan Kedokteran Siswa Kelas XII IPA SMA N 1 Samarinda. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Vol. 4, No.1. Hal 731 – 740. Samarinda : Universitas Mulawarman

Hadari Nawawi, 2003; Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Cetakan ke-7, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Hurlock, Elizabeth B. 2004. Developmenral Psychology. Jakarta: Erlangga.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nini Subini. (2011). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Yogyakarta: Javalitera.

Putri, T.D.N. & Isnani, G. 2015. Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1 (2): 118-124

Rodiyah, St. 2013. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengambilan Keputusan dan Perencanaan di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rudati.2007. Pengaruh Tingkat Kecerdasan dan Kondisi Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap MinatUntuk Memilih Sekolah Menengah Kejuruan di SMK N 9 Semarang.UNNES. Semarang.

Saidah, Nur. (2019). “Upaya Pengembangan Pemasaran Jasa Pendidikan Pada Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Kebumen”. STIE Widya Wiwaha Yogyakarta.

Sandy, I.M. (1985). Republik Indonesia Geografi Regional, Buku Teks. Jurusan Geografi FMIPA UI. Jakarta.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sari, Wiwit Febriana. (2015). “Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Sosial, Potensi Diri dan Informasi Perguruan Tinggi Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen”. Universitas Negeri Semarang.

Sugiarto, W. (2021). Use of Microsoft teams and YouTube in the application of E-Learning to improve student learning outcomes in three-dimensional material. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1), 129-136.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyawati. N. L. G. A. dkk. (2017). “Pengaruh Minat, Potensi Diri, Dukungan Orang Tua, Dan Kesempatan Kerja Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha”. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wigati, Rahma Tri. (2018). “Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut pada Siswa SMK”. Universitas Negeri Jakarta.

Zulaikhah, Nurhimah.2014. Hubungan Antara Orang Tua Dan Orientasi Karir Dengan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut. Tesis. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.